Nasional

Data Pekerja Terdampak Covid-19 Capai 3 5 Juta Update Kemnaker

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengeluarkan data terbaru pekerja yang terdampak ekonomi akibat Covid 19. Berdasarkan data yang dihimpun Kemnaker hingga 31 Juli 2020 menunjukkan secara total baik pekerja formal maupun informal yang terdampak COVID 19 mencapai lebih dari 3,5 juta orang. Menaker Ida Fauziah dalam keterangannya mengungkapkan data ini berdasarkan data secara nasional di seluruh Indonesia.

Sedangkan dari data yang sudah di cleansing kemnaker dengan BPJS Ketenagakerjaan mencapai 2.146.667. "Ini orang yang terdata by name by address," ujar Ida dalam keterangannya, Minggu (9/8/2020). Menteri Ida berujar data yang sudah cleansing tersebut terdiri dari pekerja formal yang dirumahkan mencapai 1.132.117 orang.

Sementara itu, pekerja formal yang di PHK mencapai 383.645 orang. Sedangkan pekerja sektor informal yang terdampak mencapai 630.905 orang. Ida menyebut Jawa Barat menjadi provinsi yang paling banyak pekerja yang terimbas dari Covid 19.

Secara total baik pekerja formal maupun informal yang terdampak COVID 19 di Provinsi Jawa Barat mencapai lebih dari 342.772 orang pekerja. "Tentu dengan kondisi dan tantangan ketenagakerjaan di Provinsi Jawa Barat ini perlu untuk segera ditindaklanjuti sesegera mungkin agar kita bisa tekan laju dampak Covid 19 ini kedepannya," katanya. Ida berujar pemerintah lewat kementeriannya telah berupaya meringankan beban pekerja PHK melalui beragam stimulus.

Salah satunya lewat program yang tengah ramai dibicarakan yaitu stimulus berupa subsidi upah kepada para pekerja peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan yang penghasilannya dibawah 5 juta rupiah. Subsidi upah diberikan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan dan akan diberikan per dua bulan sekali. "Artinya, satu kali pencairan, pekerja akan menerima uang subsidi sebesar Rp1,2 juta," katanya.

Melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional ia berharap dapat meringankan beban pekerja ter PHK. Serta melalui berbagai stimulus, termasuk menyalurkan berbagai bantuan sosial bagi para korban PHK. "Ada kartu prakerja serta masifikasi program padat karya dan kewirausahaan untuk penyerapan tenaga kerja yang terdampak pandemi," katanya

Berita Terkait

9 Wilayah Waspada Potensi Hujan Lebat Peringatan Dini BMKG Sabtu 16 Mei 2020

Nurofia Fauziah

Janji Kapolri Baru Novel Baswedan Pesimis Kasus Penyiraman Air Keras terhadap Penyidik KPK

Nurofia Fauziah

Ini Alasannya Restoran Diimbau Tidak Putar Musik Terlalu Kencang Demi Cegah Covid-19

Nurofia Fauziah

Pengamat Berharap Tak Terjadi Miskomunikasi Antara Menteri Dan Wakil Menteri

Nurofia Fauziah

Vox Point Indonesia Soroti Data Penerima Bansos Diskusi Virtual

Nurofia Fauziah

Ungkap Aduan Ibu Tiri menuju Ibu Kandung Tetangga Bersyukur Anaknya Tak Main Saat Siswi SMP Bunuh Bocah

Nurofia Fauziah

Potongan Harga Spesial Ramadhan Promo Diskon Alfamidi Akhir Pekan Berlaku hanya 3 Hari

Nurofia Fauziah

Prajurit TNI AD Kapten Cpn Vira Yudha Korban Kecelakaan Helikopter MI-17 Meninggal BREAKING NEWS

Nurofia Fauziah

Pidato Jokowi pada Peringatan HUT Polri Mendapat Apresiasi Sejumlah Kalangan

Nurofia Fauziah

Ini Dua Pelanggaran Terbanyak Selama Operasi Zebra

Nurofia Fauziah

KPK Dalami Dugaan Hubungan Spesial Istri Nurhadi dengan Pegawai MA

Nurofia Fauziah

Ini Solusi Bawaslu Anggaran APD Bagi Penyelenggara di Pilkada Belum Cair

Nurofia Fauziah

Leave a Comment