Otomotif

dari Ban Cadangan hingga Lampu 10 Hal Periksa yang Wajib Diperiksa Sebelum Berkendara dengan Mobil

Bila Anda hendak bepergian menggunakan mobil setidaknya ada 10 hal yang harus Anda perhatikan. Misalnya seperti memeriksa ban serep hingga mengecek rem dan kopling adalah hal yang tidak boleh disepelekan. Cara inibertujuan untuk menghindari terjadinya kecelakaan atau hal hal yang tidak diinginkan lainnya.

Dikutip dari , berikut ini 10 hal yang harus Anda periksa sebelum mengendarai mobil: Pemeriksaanmesin dalam kap menjadi hal pertama dalam daftar ini. Memeriksa kadar cairan terlebih dahulu adalah hal yang paling penting, karena ini bagian dalam mobil yang menjadi salah satu faktor kelancaran saat berkendara.

Jika tingkat cairan pendingin dan oli Anda rendah, Andabisa mengalami kebocoran saat berkendara. Pastikan juga memeriksa minyak rem, jika level ini terlalu rendah, artinya mobil Anda tidak aman untuk dikendarai. Pasastikan bahwa semua lampu mobil Anda bekerja dengan benar.

Terutama jika Anda berkendara di malam hari atau dalam cuaca berkabut. Apalagijika Anda berada di wilayah asing atau wilayah yang belum Anda tuju sebelumnya. Ini adalah pemeriksaan sederhana namun penting, karena faktor pencahayaan mobil juga menjadi kunci keselamaan saat berkendara.

Pencahayaan yang normal akan membuat pengemudi dapat melihat kondisi jalan dengan baik. Jangan lupa untuk memastikan wiper dapat berfungsi dengan baik. Apakah wiper mampu membersihakan secara sempurna atau malah meninggalkan garis air yang mengganggu penglihatan?

Sebelum memulai perjalanan Anda, gunakan mesin pembersih kaca depan untuk menyemprotkan kearah kaca depan mobil Anda. Hal ini penting karena kebersihan kaca akan mempengaruhi pandangan pengemudi. Ban juga merupakan bagian terpenting dari kendaraan Anda.

Jika Anda melakukan perjalanan jauh selama berjam jam sebaiknya kondisi ban harus baik. Periksa permukaan ban apakah ada kerusakan,retak atau garis yang mulai rata. Penting juga untuk memeriksa tekanan ban mereka secara teratur.

Tekanan udara yang kurang atau terlalu penuh bisa mengganggu perjalanan Anda. Komponenselanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah bantalan pada rem mobil. Bantalan rem terdiri dari bagian luar logam dan bagian dalam komposit.

Bagian dalam komposit harus tebal di atas 5mm, apabila sudah dibawah batas normal ini ada baiknya anda menggantinya. Pastikan rem tangan mobil Anda berfungsi dengan benar. Setelah pemeriksaan kadar cairan di dalam kap, periksa juga komponen dan selang di bawah mobil Anda.

Apalagi jika anda melihat tetesanoli atau cairan pendingin di lantai garasi,ini bisa menjadi sebuah tanda kebocoran. Hal ini tidak bisa disepelekan, karena ini juga merupakan salah satu faktor penting keselamatan dalam mengemudi mobil. Lanjut ke bagian selanjutnya, yaitu sabuk pengaman.

Sabuk pengaman berfungsi menahan tubuh kita saat berada di dalam mobil. Terutama pada jalanan yang tidak rata atau ketika mobil mengerem secara mendadak. Jika ada kerusakan pada sabuk pengaman dikhawatirkan tidak dapat mengatasi resiko kecelakaan di perjalanan.

Pemeriksaan kondisi ban cadangan pada mobil Anda. Ban cadangan, dongkrak, dan kunci pas, semuanya wajib ada dalam mobil. Pastikan bahwa ban cadangan Anda memiliki ban yang berkondisi prima sesuai dengan batas indikator tekanan udara normal.

Selain mengatur posisi duduk yang baik dan nyaman, jangan lupa juga atur posisi spion. Posisi spion yang baik sangat membantu visibilitas Anda terhadap area sekitar mobil Anda saat sedang mengemudi. Pengaturan posisi spion yang baik juga mencegah sudut pandang blind spot yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Rem dan kopling merupakan bagian paling penting dan menentukan laju mobil Anda saat digunakan. Pastikan rem dan kopling dapat digunakan dengan normal saat Anda melakukan perjalanan. Kopling pada mobil ini apabila mengalami kerusakan, akan sangat menyulitkan Anda ketika diperjalanan.

Kedua hal ini adalah dua bagian penting yang saling berkaitan maka ada baiknya apabila keduanya dapat bekerja dengan baik dan normal.

Berita Terkait

Terbang Langsung ke Nagoya, Garuda Sematkan Livery Logo Mitsubishi di Badan Airbus A330

Nurofia Fauziah

Toyota Agya Club Imbau Anggota Sediakan Hand Sanitizer di Mobil Cegah Penyebaran Virus Corona

Nurofia Fauziah

Outlander Sport & Delica Mitsubishi Recall Lancer EX

Nurofia Fauziah

Honda Dikabarkan Menyiapkan CBR250RR Empat Silinder Ingin Saingi Kawasaki Ninja ZX-25R

Nurofia Fauziah

Bukti Prinsipal Buka Peluang Suzuki Jimny Diproduksi di Indonesia

Nurofia Fauziah

All New Ertiga dan New Carry Pick Up Kontributor Terbesar SPK Suzuki di IIMS 2019

Nurofia Fauziah

Tips Ala Nabila Putri Untuk Para Cewek yang Mau Belajar Naik Moge

Nurofia Fauziah

Sudah Dikenalkan tapi Harga Renault Triber Hingga Kini Tak Jelas

Nurofia Fauziah

All New Terra Sajikan Kenikmatan Berkendara dengan Nissan Intelligent Mobility

Nurofia Fauziah

Tips Memilih Jas Hujan buat Berkendara Saat Musim Hujan

Nurofia Fauziah

Ini Daftar Komplet Harga Mobil Murah di Indonesia Bulan Ini

Nurofia Fauziah

Ragam Program Menarik Ini Disiapkan buat Pembelian All New Corolla Cross

Nurofia Fauziah

Leave a Comment