Kesehatan

Ciri-ciri Mata Lelah karena Banyak Menggunakan Gadget & Ini Cara Mengatasinya

Dokter spesialis mata, Dr dr Nina Handayani SpM (K) memberikan ciri ciri mata lelah. Nina mengatakan, mata lelah dapat disebabkan karena beberapa kebiasaan. Satu contohnya adalah menggunakan gadget secara berlebihan.

Nina membeberkan ada sejumlah kondisi yang mencirikan mata seseorang telah lelah dan perlu diistirahatkan. "Seperti mata kabur atau penglihatan dobel, mata perih dan berair itu juga sering." Nina menyebut gejala gejala di atas dapat dihilangkan dengan istirahat sejenak.

"Keluhan ini akan hilang kalau istirahat, itu tanda tanda khas mata lelah seperti itu," imbuhnya. Nina menjelaskan penting bagi masyarakat untuk menjaga dan mengatur penggunaan gadget terlebih di tengah pandemi. Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya ini merekomendasikan setiap 2 jam sekali setelah penggunaan gadget , mata perlu diistirahatkan.

"Bisa makan dulu misalnya, atau mungkin mengerjakan sesuatu yang tidak berhubungan dengan alat elektronik itu." "Kemudian kita bisa mengerjakan lagi tugasnya kalau belum selesai," imbuhnya. Nina melanjutkan, penggunaan gadget berlebihan dapat membuat mata lelah maupun kering.

Dalam kondisi tertentu gejala tersebut perlu dilakukan pemberian obat tetes mata. "Ada yang perlu diobati jika sudah terlalu parah sampai mata kering atau dry eye ." "Bisa ditanggulangi dengan tetes mata berupa air mata buatan untuk mengurangi rasa yang tidak nyaman," katanya menyarankan.

Nina menambahkan jika diperlukan, masyarakat juga bisa melakukan pemijatan ringan di bagian sekitar mata. Atau di bagian tubuh lain seperti punggung atau leher yang terasa berat setelah menggunakan gadget terlalu lama. Menurutnya, tidak hanya mengistirahatkan mata setiap 2 jam sekali, posisi duduk saat menggunakan gadget juga tidak kalah penting.

"Kemudian posisi harus ergonomis, komputer atau laptop bisa diletakan sejajar dengan pandangan mata kita, posisi kita tegak lurus mata bisa lihat lurus bisa dengan nyaman." "Kalau misalnya laptop yang ditaruh dipangku, itu posisi kita kan menunduk. Sebentar saja sudah capek, punggung, leher, dan mata juga lelah semuanya berpengaruh pada kondisi fisik," kata Nina. Nina menyebut berdasarkan penelitian yang ada khususnya pada anak, penggunaan gadget secara berlebihan dapat meningkatkan penambahan mata minus lebih cepat.

Namun untuk mencegah kondisi tersebut, Nina juga menekankan pentingnya mengkonsumsi makan bervitamin dan bergizi selain menjaga pola penggunaangadget. "Buah buahan dan sayur sayuran pada umumnya bagus untuk mata, apalagi yang berwarna terang." "Seperti tomat, pepaya, jeruk, kemudian blueberry, anggur juga bisa."

"Kemudian kalau sayur, seperti wortel, kemudian sayuran hijau, seperti brokoli bagus untuk kesehatan mata secara umum," tandasnya.

Berita Terkait

Jangan Sampai Stres Bisa Turunkan Imun Hindari Kerumunan Imbauan Pasien Sembuh dari Covid-19

Nurofia Fauziah

Dermatitis Atopik yang Diderita Baby Ryu karena Colekan Tamu, Tisu Basah Bisa Jadi Pemicunya?

Nurofia Fauziah

Upayakan Si Kecil dapat Kandungan Serat Bukan dari Minuman Serat Instan

Nurofia Fauziah

Bisa Jaga Kesehatan Jantung 6 Manfaat Jeruk Bali buat Kesehatan Tubuh

Nurofia Fauziah

Ganjar Pranowo Komitmen buat Mendorong Replikasi Intervensi Gizi Spesifik di Jawa Tengah

Nurofia Fauziah

Harganya Murah Meriah Ramuan-ramuan Tradisional di Bawah Ini Manjur buat Atasi Nyeri Sendi

Nurofia Fauziah

Gizi Seimbang dapat Membantu Hadapi Pandemi Covid-19

Nurofia Fauziah

Metode Klem Kini Banyak Dipilih Sunat Konvensional dari Ditingalkan

Nurofia Fauziah

Khofifah Canangkan Gerakan Bayi Jatim Pakai Popok Kain Gel Diaper Tertinggi Cemari Sungai

Nurofia Fauziah

Usai Operasi, Dorce dan Rano Karno Jauhi Santan, Ungkap Faktanya untuk Kesehatan, Baik atau Buruk?

Nurofia Fauziah

Menaikkan Berat Badan Bayi dengan Rutin Berikan Buah-buahan Ini Apa Saja

Nurofia Fauziah

Tips Agar Tetap Sehat Saat Cuaca Panas

Nurofia Fauziah

Leave a Comment