Superskor

Christian Eriksen dan 5 Pemain yang Pernah Kolaps di Lapangan

Matchday pertama Grup B Euro 2020 antara Denmark vs Finlandia diwarnai dengan insiden yang cukup mengerikan. Gelandang tim nasional Denmark, Christian Eriksen tiba-tiba jatuh di tengah lapangan dan sempat tak sadarkan diri.

Christian Eriksen terjatuh di menit ke-42 atau tiga menit jelang babak pertama berakhir. Tim medis langsung berlarian menghampiri Eriksen untuk melakukan pertolongan pertama. Gelandang Inter Milan itu sempat mendapatkan pertolongan CPR sebelum akhirnya ditandu keluar lapangan dengan kondisi sadar.

Beruntung, nyawa Eriksen masih terselamatkan. Pemain berusia 29 tahun itu kini masih berada di rumah sakit namun kondisinya dilaporkan sudah stabil. Pertandingan antara Denmark vs Finlandia itu sendiri berakhir dengan kedudukan 0-1 untuk kemenangan Finlandia. Hasil ini cukup diluar dugaan karena banyak prediksi, termasuk di situs W88, yang sebenarnya lebih mengunggulkan Denmark.

Sebelum kejadian yang menimpa Eriksen, ada beberapa pesepakbola lain yang juga pernah mengalami kolaps di lapangan. Bahkan, beberapa di antaranya sampai meninggal dunia.

Fernando Torres

Fernando Torres pernah mengalami kolaps saat membela Atletico Madrid. Kejadian tersebut menimpanya pada pertandingan kontra Deportivo La Coruna di ajang La Liga tahun 2017 lalu. Pemain berjuluk El Nino itu tidak sadarkan diri setelah berbenturan keras dengan bek Deportivo, Alex Bergantinos.

Mantan pemain Liverpool itu segera mendapatkan pertolongan pertama dari tim medis. Ia kemudian ditandu keluar lapangan untuk dibawa ke rumah sakit. Beruntung, hasil pemeriksaan menunjukkan pemain berkebangsaan Spanyol itu dalam kondisi baik-baik saja.

Fabrice Muamba

Fabrice Muamba mengalami serangan jantung ketika membela Bolton Wanderers melawan Tottenham Hotspur di perempat final FA Cup. Pertandingan itu dihelat di markas Spurs, White Hart Lane pada 17 Maret 2012 silam.

Muamba mengalami serangan jantung di menit ke-78 dan ia detak jantungnya sempat terhenti. Setelah mendapatkan pertolongan pertama dari tim medis, pemain asli Inggris itu dilarikan ke rumah sakit.

Pria yang kini berusia 33 tahun tersebut baru sadar setelah dua pekan mengalami koma. Akibat kejadian tersebut, Muamba pun harus mengakhiri karirnya sebagai pesepakbola profesional dengan lebih cepat.

Cheikh Tiote

Mantan pemain Newcastle United ini mengalami kolaps ketika sedang berlatih bersama klubnya, Beijing Enterprises pada tahun 2017 lalu. Pemain asal Pantai Gading itu mengalami serangan jantung di tempatnya berlatih. Tiote sempat dilarikan ke rumah sakit namun nyawanya tidak tertolong.

Tiote menghembuskan nafas terakhirnya di usia 30 tahun. Kepergian Tiote menjadi salah satu duka paling mendalam untuk sepakbola dunia.

Marc-Vivien Foe

Foe merupakan penggawa tim nasional Kamerun di Piala Konfederasi tahun 2003 silam. Pada laga melawan Kolombia, Foe yang kala itu berstatus sebagai pemain Manchester City, ambruk dan tak sadarkan diri di menit ke-72.

Tim medis yang berada di pinggir lapangan bergegas melakukan pertolongan pertama kepada Foe. Sayang, nyawa pemain yang berposisi sebagai gelandang itu tidak terselamatkan. Hasil otopsi memperlihatkan bahwa Foe mengalami Hypertrophic Cardiomyopathy. Foe meninggal dunia di usia yang masih sangat muda, 28 tahun.

Piermario Morosini

Morosini mengalami serangan jantung dan ambruk ketika membela Livorno melawan Pescara dalam lanjutan Serie B tahun 2012 silam. Ketika Livorno sudah unggul 2-0, Morisini tiba-tiba terjatuh saat mendekati kotak penalti timnya. Insiden itu terjadi di menit ke-31.

Tim medis sudah mencoba memberikan pertolongan pertama kepada Morosini. Namun, nyawanya tidak tertolong sebelum tiba di rumah sakit.

Berita Terkait

Thailand vs Indonesia Tanding Bulan Oktober AFC Resmi Rilis Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022

Nurofia Fauziah

Duel Penentuan Barcelona & Real Madrid MU & Inter Lakoni Laga Tandang Jadwal Bola Malam Ini

Nurofia Fauziah

Sayangkan Keputsan Klub Liga 1 dalam Rapat Bersama PSSI & PT LIB PSMS Medan Ingin Liga 2 Berlanjut

Nurofia Fauziah

Everton Pertimbangkan Rekrut David Moyes atau Eddie Howe Gantikan Marco Silva Liga Inggris

Nurofia Fauziah

Indra Sjafri Ucap Terima Kasih Ketua Umum PSSI Berikan Motivasi Timnas U-23 di SEA Games 2019

Nurofia Fauziah

Ketua Dewan Komite Perubahan Sepakbola Nasional bilang Wajar Jika Ada Konflik di PSSI

Nurofia Fauziah

Lucas Leiva Yakin Bek Sayap Liverpool Ini Bakal Jadi Pemain Terbaik di Dunia

Nurofia Fauziah

Saddil Ramdani Heran pada Ketidakjelasan Liga di Indonesia dari Bete

Nurofia Fauziah

Kesempatan Terakhir Messi Link Live Streaming Barcelona Vs Bayern Muenchen

Nurofia Fauziah

Benahi Kekurangan Fisik TC Virtual Ala Shin Tae-yong Diikuti 44 Pemain Timnas Indonesia U-19

Nurofia Fauziah

Hanya Ada Dua Nama Daftar Striker Paling Moncer di Persib Bandung Tiga Musim Terakhir

Nurofia Fauziah

Real Madrid Juga Ikutan Berburu Dayot Upamecano dari Klub RB Leipzig

Nurofia Fauziah

Leave a Comment