Bisnis

Cara Uzbekistan Bidik Pasar Indonesia, Buka Rute Tashkent Jakarta Hingga Fasilitas Bebas Visa

Pemerintah Uzbekistan terus berupaya menarik wisatawan dari Indonesia untuk datang ke negaranya, dengan memberikan berbagai kemudahan fasilitas mulai dari bebas visa hingga tersedia penerbangan langsung dari Indonesia ke Uzbekistan. “Kami menargetkan pertumbuhan wisatawan dari Indonesia tahun ini bisa naik lima kali lipat dibandingkan tahun lalu. Kita terus berupaya memberikan kemudahan fasilitas bagi pengunjung khususnya dari Indonesia di antaranya bebas visa dan kini telah tersedia direct flight langsung ke Uzbekistan,” kata Head of the Department for Tourism For Development and Innovation Uzbekistan, Temur Mirzaev di Jakarta Jumat (3/5/2019). Menurut Temur, kebijakan bebas visa ini sesuai dengan keputusan Presiden Uzbekistan. Fasilitas bebas visa bagi wisatawan Indonesia diberikan sejak 10 Februari 2018 berlaku selama 30 hari dan tidak dapat diperpanjang.

Selain Indonesia, Uzbekistan memberi juga memberikan fasilitas bebas visa bagi turis dari enam negara lainnya, yaitu Israel, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Turki, dan Jepang. “Wisatawan Indonesia interestnya besar. Dengan kebijakan bebas visa ini pariwisata di Uzbekistan pertumbuhan pada 2018 tumbuh sampai empat kali lipat dibandingkan tahun 2017,” ujarnya. Untuk penerbangan langsung dari Indonesia ke Uzbekistan telah tersedia maskapai Uzbekistan Airways. Penerbangan dari Indonesia ke Uzbekistan dilakukan dalam dua kali seminggu.

Ia berharap, dengan adanya penerbangan langsung yang menghubungkan antara Jakarta dan Tashkent ke depan akan lebih banyak lagi masyarakat di kedua negara untuk saling berkunjung, baik untuk keperluan wisata, bisnis, sosial, dan budaya. “Untuk tahun ini kita targetkan sektor pariwisata di Uzbekistan tumbuh pesat. Pasalnya selain bebas visa saat ini telah tersedia penerbangan langsung dari Indonesia ke Uzbekistan,” paparnya. Tak hanya itu, sejumlah investor Indonesia pun akan menanamkan investasinya membangun hotel bernama Sahid Royal Palace di Samarkand. “Mereka sangat interest membangun hotel di Samarkand karena rata rata orang Indonesia yang berkunjung di Uzbekistan pasti ke Kota Samarkand dan Bukhara,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Uzbekistan menawarkan destinasi wisata religi. Terdapat banyak tempat ziarah di antaranya kompleks Imam Bukhari, Bahauddin Naqshbandi dan Imam Tarmizi. Disamping itu, di Uzbekistan juga menawarkan destinasi bersejarah dan warisan budaya yang kaya dan menarik. Sementara itu Duta Besar Uzbekistan untuk Indonesia, Ulugbek Rozukulov, mengatakan penerbangan Uzbekistan Airways diharapkan dapat mempererat hubungan kedua negara, terutama antara masyarakat Uzbekistan dengan Indonesia.

"Adanya penerbangan yang menghubungkan langsung antara Jakarta dan Tashkent, ke depan akan lebih banyak lagi masyarakat di kedua negara untuk saling berkunjung, baik untuk keperluan bisnis, sosial maupun budaya," tegasnya.

Berita Terkait

Napolly Diganjar Penghargaan Ini berhasil Bikin Inovasi Sofa Plastik Knock Down Bermotif Rotan

Nurofia Fauziah

Per 1 Maret 2019, PLN Turunkan Tarif Listrik Daya 900 VA untuk Pelanggan Rumah Tangga Mampu

Nurofia Fauziah

Ini Kesiapan Astra Infra Sambut Nataru Punya Enam Ruas Tol

Nurofia Fauziah

Terbanyak menuju Jawa Barat 25 Miliar Per Mei 2020 Pemerintah Salurkan BLT Rp 63

Nurofia Fauziah

Berikut Alasannya 24 April 2020 Rupiah Kembali Melemah menuju Rp 15.505 per Dolar AS Jumat

Nurofia Fauziah

Diskon Hingga 70 Persen dalam Program Perfect 10.10 Sale

Nurofia Fauziah

AICE Klaim Telah Perhatikan Kesehatan Buruh Hamil Jubir Serikat Buruh Sebut 13 Buruh AICE Keguguran

Nurofia Fauziah

Harga Emas Antam Terkoreksi Rp5.000 menuju Level Rp1.035.000 per Gram

Nurofia Fauziah

Direktur Krakratau Steel Dikabarkan Kena OTT, Dirut Silmy Karim: Kinerja Perusahaan Tak Terganggu

Nurofia Fauziah

Hari Ini Harga Emas Antam Terkoreksi menuju Rp 926 Per Gram

Nurofia Fauziah

Harta Pemilik Grup Djarum Bertambah Rp 107 Triliun Tujuh Pekan Terakhir

Nurofia Fauziah

Situs Flightradar24.com hanya Deteksi Satu Pesawat Sriwjaya Air yang Terbang Buntut Kisruh

Nurofia Fauziah

Leave a Comment