Bisnis

Bus Apron di Ngurah Rai Diusulkan Berusia Tak Lebih dari 10 Tahun 2 Kali Terbakar

Percikan api muncul di mesin bagian belakang bus apron penumpang atau apron passenger bus (APB) milik Sriwijaya Air di depan Parking Stand No 12 Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (4/11/2019). Ini bukan kali pertama kebakaran bus terjadi di bandara Ngurah Rai. Pada 6 September lalu, bus milik PT Gapura Angkasa Pura Cabang Denpasar terbakar setelah mengangkut penumpang boarding ke pesawat. Atas kejadian tersebut, Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Elfi Amir mengatakan akan berkonsultasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar usia APB yang beroperasi di bandara itu tak melebihi 10 tahun.

Mengenai penyebab insiden hari ini, Elfi mengatakan pihaknya masih melakukan investigasi. Dia merincikan, percikan api dari APB Sriwijaya Air nomor lambung B 301 dengan plat nomor apron PLATFORM SRIWIJAYA 003 ditemukan sekitar pukul 08.50 WITA dan berhasil dipadamkan dengan cepat. Menurutnya penanganan percikan api di APB (apron passenger bus) Sriwijaya Air sudah sesuai SOP dan langsung dipadamkan menggunakan APAR (alat pemadam api ringan) dan langsung mati percikannya.

"Untuk investigasi pasti orang orang terlibat dimintai keterangan. Tapi percikan ini masalah Minor tapi tetap kita jadikan mitigasi agar tidak terulang. Tetap masuk kategori Hazard,” terangnya. Berikut kronologi dari peristiwa munculnya percikan api di kendaraan APB milik Sriwijaya Air pagi ini: Pukul 08.45 Wita

Satu unit APB Sriwijaya Air bermasalah pada bagian mesin yang menimbulkan percikan api pada bagian bawah mesin. Posisi bus berada di depan kantor AMC (Air Movement Control) baru selesai menurun kan penumpang di terminal domestik. Api dapat segera dipadamkan dengan firex oleh sopir bus dan melaporkan ke petugas AMC selanjutnya AMC meminta bantuan petugas ARFF ke lokasi. Pukul 08.55 Wita Tim ARFF (Airport Rescue Fire Fighting Officer) sudah melakukan pemadaman dan memastikan sumber api sudah padam. Saat ini bus sudah dipindahkan dari parking stand 12 ke belakang fire station lama sebelah utara.

Pukul 09.35 Wita Selanjutnya ADM berkoordinasi dengan AMC terkait pembersihan berkas FOD FIREX di Bravo 12 sudah clear. Untuk penyebab terjadi nya percikan api masih dilakukan investigasi oleh unit AMC.

Berita Terkait

Pertamina Janjikan Kompensasi unruk Korban Tumpahan Minyak ONWJ di Karawang

Nurofia Fauziah

Perusahaan Transportasi Ojek Online Aktifkan Fitur Antar Penumpang dari 8 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Indonesia Pertumbuhan Ekonominya Ranking 3 Patut Kita Syukuri Jokowi

Nurofia Fauziah

Lempar Bola menuju Mahfud MD Kementerian BUMN Angkat Tangan Soal Kasus Asabri

Nurofia Fauziah

Tambahan Margin Perdagangan di KuCoin Shae dengan Leverage 10x buat Gairahkan Investor

Nurofia Fauziah

Rincian Perubahan Perjalanan Kereta Api di DAOP I Jakarta karena Gapeka 2019

Nurofia Fauziah

Terbanyak menuju Jawa Barat 25 Miliar Per Mei 2020 Pemerintah Salurkan BLT Rp 63

Nurofia Fauziah

Pegadaian Tawarkan Promo Spesial Gempita Lebaran

Nurofia Fauziah

Jawab Kebutuhan Deteksi Dini Virus Pekerja Harian ‘Drive Thru Rapid Test’

Nurofia Fauziah

Situs Flightradar24.com hanya Deteksi Satu Pesawat Sriwjaya Air yang Terbang Buntut Kisruh

Nurofia Fauziah

Kemenhub Tegasman Komitmen Tingkatkan Keamanan Labuan Bajo Jadi Bali Baru

Nurofia Fauziah

JNE Bagikan 30 Motor & 2 Rumah buat Karyawan Rayakan HUT Ke-29

Nurofia Fauziah

Leave a Comment