Bisnis

Berikut Respons Jokowi Bank Dunia Laporkan 115 Juta Penduduk RI Terbebas dari Kemiskinan

Presiden Joko Widodo mengapresiasi laporan Bank Dunia "Aspiring Indonesia Expanding the Middle Class" yang menyatakan bahwa 45 persen penduduk Indonesia atau 115 juta orang yang telah berhasil keluar dari garis kemiskinan. Dalam laporan tersebut, Bank Dunia menyebutkan Indonesia telah membuat kemajuan dalam mengurangi tingkat kemiskinan yang sekarang berada di bawah 10 persen, serta berhasil menumbuhkan kelas menengah menjadi 20 persen atau sekitar 52 juta orang. "Terima kasih sebesar besarnya atas partisipasi seluruh rakyat Indonesia, serta memperhatikan dengan seksama rekomendasi Bank Dunia agar pemerintah mengadopsi kebijakan tepat dan efektif kepada kelas menengah baru yang keluar dari garis kemiskinan," kata Jokowi dalam keterangannya, Kamis (30/1/2020).

Jokowi membenarkan permintaan atau konsumsi kelas menengah mendorong pertumbuhan ekonomi, karena merupakan setengah total pengeluaran rumah tangga Indonesia. Kebijakan pemerintah seperti Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja, Perpajakan, bahkan Ibukota Negara baru di Kalimantan Timur diharapkan mampu mendorong Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi. Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja diharapkan mampu mendorong transformasi ekonomi dan pengembangan SDM, sehingga mendukung perubahan struktur ekonomi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi 5,7 persen 6 persen melalui penciptaan lapangan kerja dengan SDM berkualitas sebanyak 2,7 juta 3 juta per tahun.

Kemudian peningkatan investasi 6,6 persen 7 persen disertai peningkatan produktivitas yang meningkatkan pendapatan dan daya beli serta peningkatan konsumsi 5,4 persen 5,6 persen, memberdayakan UMKM yang kontribusinya 61,7 persen dari PDB dan menyerap 97 persen total tenaga kerja. "Terimakasih, ini hadiah 100 hari pemerintahan Jokowi Maruf Amin, semua hasil pekerjaan pemerintah ini untuk seluruh rakyat Indonesia dalam mencapai Indonesia Maju," ujarnya.

Berita Terkait

Crown Group Luncurkan Proyek Pertamanya di Melbourne

Nurofia Fauziah

Direktur dari Garuda Dilengserkan Sriwijaya Air Kembali Rombak Direksi Lagi

Nurofia Fauziah

Harga 1 Gram Rp 931.000 6 April 2020 Alami Penurunan Rp 3.000 Harga Emas Antam Senin

Nurofia Fauziah

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Turun hingga 16 Persen, Garuda Mengaku Semakin Tertekan

Nurofia Fauziah

Tahun Ini Ditargetkan Tinggal 80 Perusahaan Jumlah BUMN Dipangkas Jadi 107

Nurofia Fauziah

Pertamina Targetkan Campuran B30 Capai 8 Titik hingga Awal Tahun

Nurofia Fauziah

Kementerian BUMN Sebut Asabri Masih Mampu Bayar Klaim Nasabah

Nurofia Fauziah

Strategi Allianz Indonesia Siapkan Kualitas dan Kompetensi SDM di Era Transformasi Digital

Nurofia Fauziah

Mengenal Software CRM Indonesia dan Tahapan-Tahapannya

Nurofia Fauziah

Menteri Airlangga Beri Waktu 3 Bulan kepada Pemda buat Siapkan Kartu Pra Kerja

Nurofia Fauziah

Diskon Hingga 70 Persen dalam Program Perfect 10.10 Sale

Nurofia Fauziah

Lempar Bola menuju Mahfud MD Kementerian BUMN Angkat Tangan Soal Kasus Asabri

Nurofia Fauziah

Leave a Comment