Bisnis

Berikut Respons Jokowi Bank Dunia Laporkan 115 Juta Penduduk RI Terbebas dari Kemiskinan

Presiden Joko Widodo mengapresiasi laporan Bank Dunia "Aspiring Indonesia Expanding the Middle Class" yang menyatakan bahwa 45 persen penduduk Indonesia atau 115 juta orang yang telah berhasil keluar dari garis kemiskinan. Dalam laporan tersebut, Bank Dunia menyebutkan Indonesia telah membuat kemajuan dalam mengurangi tingkat kemiskinan yang sekarang berada di bawah 10 persen, serta berhasil menumbuhkan kelas menengah menjadi 20 persen atau sekitar 52 juta orang. "Terima kasih sebesar besarnya atas partisipasi seluruh rakyat Indonesia, serta memperhatikan dengan seksama rekomendasi Bank Dunia agar pemerintah mengadopsi kebijakan tepat dan efektif kepada kelas menengah baru yang keluar dari garis kemiskinan," kata Jokowi dalam keterangannya, Kamis (30/1/2020).

Jokowi membenarkan permintaan atau konsumsi kelas menengah mendorong pertumbuhan ekonomi, karena merupakan setengah total pengeluaran rumah tangga Indonesia. Kebijakan pemerintah seperti Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja, Perpajakan, bahkan Ibukota Negara baru di Kalimantan Timur diharapkan mampu mendorong Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi. Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja diharapkan mampu mendorong transformasi ekonomi dan pengembangan SDM, sehingga mendukung perubahan struktur ekonomi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi 5,7 persen 6 persen melalui penciptaan lapangan kerja dengan SDM berkualitas sebanyak 2,7 juta 3 juta per tahun.

Kemudian peningkatan investasi 6,6 persen 7 persen disertai peningkatan produktivitas yang meningkatkan pendapatan dan daya beli serta peningkatan konsumsi 5,4 persen 5,6 persen, memberdayakan UMKM yang kontribusinya 61,7 persen dari PDB dan menyerap 97 persen total tenaga kerja. "Terimakasih, ini hadiah 100 hari pemerintahan Jokowi Maruf Amin, semua hasil pekerjaan pemerintah ini untuk seluruh rakyat Indonesia dalam mencapai Indonesia Maju," ujarnya.

Berita Terkait

Ini Kesiapan Astra Infra Sambut Nataru Punya Enam Ruas Tol

Nurofia Fauziah

Terbanyak menuju Jawa Barat 25 Miliar Per Mei 2020 Pemerintah Salurkan BLT Rp 63

Nurofia Fauziah

Prupay Link Jadi Inovasi Digital Permudah Nasabah Bayar Premi

Nurofia Fauziah

5.412 Bus Tak Lulus Ramp Check buat Angkutan Nataru

Nurofia Fauziah

Memindahkan Ibu Kota Ditambah dengan Penerapan Teknologi Makin Bebani APBN Ekonom

Nurofia Fauziah

Waskita Beri Pinjaman Modal Usaha buat 8 Mitra Binaan di Garut Dukung UMKM Kerajinan Kulit

Nurofia Fauziah

Wacana Penyederhanaan BBM Dikhawatirkan Bebani Biaya Logistik

Nurofia Fauziah

IHSG dari Berbalik Arah Negatif Waspada

Nurofia Fauziah

Kolaborasi Ini Mudahkan Bisnis buat Mengelola Pembayaran Online

Nurofia Fauziah

Akses www.pln.co.id atau WhatsApp 08122-123-123 buat Dapat Listrik Gratis dari PLN Agustus 2020

Nurofia Fauziah

KPPU Mengaku Kantongi Satu Alat Bukti Lima Perusahaan Minyak Diduga Terlibat Kartel Harga BBM

Nurofia Fauziah

Berikut Penjelasan GM Traffic Jasa Marga Tol Japek Hanya buat Kendaraan Golongan 1

Nurofia Fauziah

Leave a Comment