Kesehatan

Benarkah Mendengkur Sebabkan Gangguan Pernapasan dan Penuaan Dini? Simak Penjelasannya

Mendengkur mungkin adalah hal yang menyebalkan untuk didengar di malam hari. Mendengkur adalah suara yang keluar ketika langit langit dan jaringan longgar di mulut, hidung, dan tenggorokan bergetar saat bernapas. Kondisi tidur ini dilakukan hampir pada 60 persen pria dan 40 persen wanita pada usia 60 tahun.

Menurut Asosiasi Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Amerika (AAOMS), sekitar 30 hingga 50 persen populasi Amerika Serikat mendengkur sepanjang hidup mereka. Namun, selain menimbulkan suara berisik, ada hal lain yang dapat terjadi karena mendengkur. Dilansir Medical Daily, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menunjukkan bahwa mendengkar menjadi satu masalah kesehatan.

Gangguan pernapasan saat tidur, seperti apnea tidur obstruktif, dapat mempercepat penuaan. Gangguan pernapasan saat tidur terjadi sebagai abnormalitas respirasi saat tidur karena kurangnya keseimbangan oksigen darah dan gairah singkat. Gangguan tidur ini berpotensi menghentikan pernapasan selama 10 20 detik dalam satu jam.

Di Amerika Serikat, hampir 30 juta orang dewasa diperkirakan menderita apnea tidur obstruktif. Studi ini menunjukkan bahwa gangguan pernapasan saat tidur dapat membuat tubuh seseorang 215 hari lebih tua dari usia yang sebenarnya. Gangguan tidur juga dikaitkan dengan percepatan usia hingga 321 hari.

"Usia biologis seseorang mungkin tidak sama dengan usia kronologisnya," kata Xiaoyu Li, penulis utama studi dan rekan peneliti pasca doktoral di Brigham and Women's Hospital and the Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston. Li melanjutkan, hasil penelitian menunjukkan bukti biologis yang mendukung. "Data kami menyediakan bukti biologis yang mendukung efek fisiologis dan kesehatan yang merugikan. Hal ini disebabkan karena gangguan pernapasan saat tidur," imbuhnya.

Para peneliti melakukan riset terhadap 622 orang dewasa. Tim memeriksa metilasi DNA darah para peserta saat tidur. Hasilnya, wanita cenderung mengalami penuaan biologis lebih cepat terkait gangguan pernapasan saat tidur daripada pria.

Namun, para peneliti mengungkapkan bahwa penelitian lebih lanjut mengenai bidang ini perlu dilakukan. "Wanita sering dianggap berisiko lebih rendah pada gangguan pernapasan saat tidur. Namun, apa yang kami temukan menunjukkan kerentanan biologis yang tinggi pada perempuan," ujar Li. Li juga mengatakan bahwa tim peneliti akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah perawatan dapat membantu mengurangi percepatan usia secara epigenetik.

Sampai saat ini, gangguan pernapasan saat tidur biasanya tidak terdiagnosis dan diobati. Namun, Li memahami bagaimana gangguan pernapasan saat tidur memengaruhi usia dapat mengarah pada intervensi anti penuaan baru dan mempercepat tampilan usia. Sementara itu, ada berbagai alasan mengapa orang orang mendengkur sata tidur.

Faktor ini berkaitan dengan usia, pembentukan tubuh, masalah hidung dan sinus, dan postur tidur. Kamu dapat menyesuaikan kebiasaan tidurmu untuk memastikan tidur malam yang lebih baik. Cara efektif untuk memantau dengkuranmu adalah meminta orang yang tidak mendengkut mencatat pola dengkuranmu.

Cara ini dapat membantu menunjukkan alasan mengapa kamu mendengkur. Pada dasarnya, mendengkur dipicu oleh berkurangnya saluran udara di tenggorokan atau lubang hidung yang mengontrol jumlah oksigen yang masuk ke tubuh Suara mendengkur yang sebenarnya disebabkan oleh getaran yang dibuat oleh udara untuk melewati langit langit lunakmulut, uvula, lidah, amandel, dan atau otot di bagian belakang tenggorokan.

Tenggorokan atau jaringan hidung bertanggung jawab atas getaran yang menghasilkan suara dengkuran. Posisi lidah saat tidur juga dapat menjadi alasan mendengkur. Jika udara yang kamu hirup tidak dapat bergerak bebas melalui mulut dan hidung saat tidur, kemungkinan besar kamu akan mendengkur.

Berita Terkait

Cuma 30 Detik! Coba 5 Tes Super Cepat Ini yang Akan Tunjukkan Tubuhmu Sehat atau Tidak

Nurofia Fauziah

Ada Keju hingga Biskuit Es Krim 5 Produk Olahan Susu Paling Terkenal dan Digemari

Nurofia Fauziah

Bahan yang Digunakan sebagai Antivirus Corona oleh Kementan 7 Manfaat Kesehatan Eucalyptus

Nurofia Fauziah

Makanan Terbaik untuk Hindari Sakit Kepala Saat Ibadah Puasa

Nurofia Fauziah

Hingga Pernah Nekat Lakukan Percobaan Bunuh Diri Mengenal Penyakit Mental yang Dialami Ariel Tatum

Nurofia Fauziah

Jangan Sampai Stres Bisa Turunkan Imun Hindari Kerumunan Imbauan Pasien Sembuh dari Covid-19

Nurofia Fauziah

Hindari Kelaparan Berlebih & Kenali Waktu Tepat buat Makan 5 Cara Diet Mudah & Aman Bagi Tubuh

Nurofia Fauziah

5 Cara Menjaga Kelembaban Kulit di Cuaca Dingin, Jangan Mandi dengan Air Panas dan Gunakan Pelembab

Nurofia Fauziah

Apa Itu Penyakit Pneumonia? Kenali Sejak Dini Penyebab, hingga Cara Pengobatannya Sebelum Terlambat

Nurofia Fauziah

Terawan Lakukan Dua Hal Tangani Penyakit Hepatitis A di Depok

Nurofia Fauziah

Cara Mudah Membuat Teh Pare buat Mengatasi Diabetes dan Memerangi Kolesterol

Nurofia Fauziah

Gula Batu Memiliki Kalori Paling Tinggi Dibanding Jenis Gula Lainnya

Nurofia Fauziah

Leave a Comment