Kesehatan

Bahan yang Digunakan sebagai Antivirus Corona oleh Kementan 7 Manfaat Kesehatan Eucalyptus

Pada Jumat (8/5/2020), Kementerian Pertanian RI meluncurkan produk antivirus corona berbasis eucalyptus atau kayu putih. Seperti virus influenza, virus corona beta, dan virus corona gamma. Hasil uji lab eucalyptus ini diklaim dapat membunuh 80 hingga 100 persen virus.

"Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) membuat beberapa prototipe eucalyptus dengan nano teknologi dalam bentuk inhaler, roll on, salep, balsem dan defuser," ungkap Mentan dalam keterangan tertulisnya. Meski demikian, produk antivirus corona ini akan terus dikembangkan dengan target utama orang yang terpapar Covid 19. Eucalyptus atau eukaliptus merupakan spesies pohon asli Australia dan kini sudah dikembangkan di berbagai wilayah di dunia.

Biasanya, eucalyptus dimanfaatkan dalam bentuk minyak. Minyak eucalyptus dibuat dari daun eucalyptus yang dikeringkan, dihancurkan, kemudian disuling untuk mendapatkan minyak esensialnya. Selama bertahun tahun, minyak eucalyptus digunakan untuk meredakan batuk.

Saat ini, banyak obat batuk yang mengandung minyak eucalyptus sebagai salah satu bahan aktifnya. Vicks VapoRub misalnya, mengandung 1,2 persen minyak eucalyptus bersama bahan bahan pereda batuk lainnya. Obat gosok ini digunakan pada dada dan leher untuk meredakan gejala flu dan pilek.

Seringkali kita batuk batuk, tapi tak ada yang keluar. Nah, minyak eucalyptus tak hanya meredakan batuk, tetapi juga membantu mengeluarkan lendir dari dalam dada. Menghirup vapor yang terbuat dari minyak esensial dapat membantu mengeluarkan mukus atau lendir sehingga ikut keluar saat batuk.

Menggunakan obat gosok yang mengandung minyak eucalyptus juga memberikan efek yang sama. Suku Aborigin di Australia menggunakan daun eucalyptus untuk merawat luka dan mencegah infeksi. Saat ini, minyak eucalyptus masih dioleskan pada kulit untuk melawan inflamasi dan mempercepat penyembuhan luka.

Ada beberapa krim atau salep yang mengandung minyak eucalyptus. Produk tersebut bisa digunakan untuk luka bakar kecil atau luka lain yang bisa dirawat di rumah. Kondisi pernafasan tertentu seperti asma atau sinusitis dapat diredakan dengan menghirup uap dari minyak eucalyptus.

Minyak ini akan bereaksi terhadap membran mukus, tak hanya mengurangi lendir tetapi juga membantu melegakannya hingga lendir bisa keluar saat batuk. Eucalyptus juga bisa menekan gejala asma. Di sisi lain, bagi orang yang alergi terhadap eucalyptus dan menderita asma, itu malah memperburuk kondisinya.

Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat bagaimana eucalyptus mempengaruhi penderita asma. Penelitian menunjukkan minyak eucalyptus bisa meredakan sakit pada persendian. Banyak produk krim dan salep pereda sakit untuk osteoarthritis (radang sendi) dan rematik yang mengandung minyak eucalyptus.

Minyak esensial ini membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan (inflamasi) yang terkait dengan banyak kondisi kesehatan tertentu. Minyak ini juga bermanfaat bagi penderita sakit punggung atau mereka yang sedang dalam masa pemulihan pasca cedera otot atau sendi. Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu apakah minyak eucalyptus cocok untuk kamu sebelum menggunakannya.

Kandungan anti inflamasi pada eucalyptus dapat meredakan gejala penyakit yang disebabkan virus herpes. Mengoleskan minyak eucalyptus pada kulit yang mengalami cold sore bisa mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhannya. Ada salep atau balsam yang mengandung minyak esensial, termasuk eucalyptus, sebagai bahan aktif untuk menyembuhkan cold sore.

Mint bukanlah satu satunya bahan yang bisa melawan nafas bau naga. Berkat manfaat anti bakterinya, minyak eucalyptus bisa digunakan untuk melawan kuman penyebab bau mulut. Beberapa obat kumur (mouthwash) dan pasta gigi mengandung minyak esensial ini sebagai salah satu bahan aktifnya.

Selain itu, produk eucalyptus dapat membantu mencegah penebalan plak pada gigi dan gusi dengan cara melawan bakteri penyebab karies (cavities).

Berita Terkait

Sebaiknya Jangan Ditinggalkan 7 Benda Ini di Kamar Mandi

Nurofia Fauziah

Operasi Katup Jantung, Kapan Mick Jagger Bisa Kembali Aktif di Panggung? Ini Kata Dokter

Nurofia Fauziah

Kebanyakan Makan Pisang Bisa Picu Masalah Kesehatan

Nurofia Fauziah

tapi Ditolak karena Organnya Sudah Menghitam Perokok Berat Donorkan Paru-parunya sebelum Meninggal

Nurofia Fauziah

Metode Klem Kini Banyak Dipilih Sunat Konvensional dari Ditingalkan

Nurofia Fauziah

hingga Tanda wajib Segera Scalling Gigi Manfaat Berikut Fungsi Ketahui Apa Itu Scalling Gigi

Nurofia Fauziah

Yuk Buatkan Si Kecil Bubur Apel Pir yang Kaya Vitamin Ini MPASI Bergizi Bayi 7 Bulan

Nurofia Fauziah

7 Alasan Mengapa Mendengarkan Lagu Sedih saat Galau Bisa Membuat Perasaanmu jadi Lebih Baik

Nurofia Fauziah

Begini Penjelasan Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty Perempuan Bisa Hamil Saat Berada di Kolam Renang

Nurofia Fauziah

Perpanjang Umur 5 Jus Buah & Sayur ini Ternyata Manfaatnya Mengejutkan Selama ini Disepelekan

Nurofia Fauziah

Makanan Terbaik untuk Hindari Sakit Kepala Saat Ibadah Puasa

Nurofia Fauziah

Ini Penjelasan Ahli Bulan Ramadan Diprediksi sebagai Puncak Penyebaran Virus Corona di Indonesia

Nurofia Fauziah

Leave a Comment