Internasional

Atraksi Pencak Silat Dan Budaya Kontingen Indonesia Disambut Meriah di Aljazair

Dalam rangka memperkenalkan potensi budaya Indonesia di Aljazair, KBRI Alger menyelenggarakan Pekan Budaya Indonesia dan Turnamen Pencak Silat “Safira Cup” pada 20 21 September 2019 di Ibukota Alger, Aljazair. Perhelatan yang digelar di Notre Dame d’Afrique dibuka oleh Dubes RI untuk Aljazair Safira Machrusah. Pada kesempatan ini delegasi Indonesia menampilkan pertunjukan Gamelan Ki Ageng Ganjur dan atraksi Pencak Silat yang diwakili oleh Organisasi Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa.

Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Keolahragaan Kemenpora, Herman Chaniago ini mendapatkan sambutan meriah dari penonton maupun pejabat negara Aljazair yang hadir, diantaranya perwakilan kemenpora aljazair Mr. Amroni dan Tazibt djamel, Chairman Martial Art of Aljazair Pada rangkaian acara Pekan Budaya Indonesia dan Turnamen Pencak Silat ini juga diadakan Coaching Clinic dan pertandingan eksibisi antara pesilat Pagar Nusa dengan pesilat dari tuan rumah Aljazair. Ketua Federasi Pencak Silat Aljazair, Lahcene Sekfane berharap agenda ini bisa menjadi pengembangan Pencak Silat di Aljazair ke depan dan kawasan benua Afrika umumnya.

Sementara, Wakil Ketua Umum Pagar Nusa, Athoillah Habib atau yang lebih dikenal dengan panggilan Gus Atho' turut mendampingi kontingen pencak silat. Athoillah mengatakan, pihaknya menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Pemerintah Indonesia, dalam hal ini melalui Kemenpora yang telah memberikan kepercayaan untuk kedua kalinya mewakili Indonesia dalam misi mempromosikan Pencak Silat ke dunia Internasional. "Kami senantiasa mendukung upaya pemerintah untuk memajukan Pencak Silat sebagai olahraga asli Indonesia. Mudah mudahan keinginan kita semua untuk menjadikan Pencak Silat menjadi cabor yang dipertandingkan di Olimpiade akan segera terwujud" ujar Athoillah dalam rilisnya, Sabtu (21/9).

Pada kesempatan terpisah, dubes RI untuk Aljazair, Safira Machrusah mengatakan, festival budaya dan turnamen Pencak Silat ini adalah untuk pertama kalinya digelar di Aljazair dan KBRI menyambut baik ajakan asosiasi Pencak Silat Aljazair untuk mengadakan turnamen yang memperebutkan piala dubes RI. "Inisiasi tersebut kami sambut dengan baik karena ini merupakan diplomasi budaya yang ingin kami kembangkan kepada masyarakat Aljazair," tandasnya.

Berita Terkait

Ini 7 Klaim Aneh Pemimpin Korea Utara Negaranya Sembuhkan AIDS & Kanker hingga Tak Ada Orang Cacat

Nurofia Fauziah

Drone Dilarang Mengudara di Jepang, Terutama di Tempat Pemerintahan, Militer dan Bandara

Nurofia Fauziah

Kami Baik-baik Saja kisah WNI di Philadelphia soal Kerusuhan Akibat Kematian George Floyd

Nurofia Fauziah

Evo Morales Mencari Suaka & Ditawari Jadi Presenter TV Mundur sebagai Presiden Bolivia

Nurofia Fauziah

Dilengkapi dengan Teknologi Self-driving & 33 Sensor Sony Jepang Perkenalkan Mobil Listrik

Nurofia Fauziah

Saat Dokter Gagal Selamatkan Nyawa Ular Python yang Dilindas Mobil

Nurofia Fauziah

Tuntut Perusahaan Aplikasi Pasangan Suami Istri di India Cekcok Gara-gara Google Maps

Nurofia Fauziah

Tulis Catatan Pilu Aktris India Preksha Mehta Tewas Bunuh Diri karena Tak Punya Job saat Pandemi

Nurofia Fauziah

Akhirnya Dipecat! PNS Bernama Anna Anufrieva yang Nekat Berpose Terlalu Syur di Majalah Playboy

Nurofia Fauziah

Ada yang Seperti Pintu Menuju Dunia Bawah Tanah 6 Lubang Dalam & Besar Paling Mengerikan di Dunia

Nurofia Fauziah

Kasus Virus Corona India Lampaui 2 Juta Infeksi & Total Kematian Lebih dari 41.000 Jiwa

Nurofia Fauziah

Pelaku Kasus Pemerkosaan 48 Pria di Inggris Ibu Kandung Reynhard Sinaga Bocorkan Sifat sang Anak

Nurofia Fauziah

Leave a Comment