Kesehatan

Apa Itu Penyakit Pneumonia? Kenali Sejak Dini Penyebab, hingga Cara Pengobatannya Sebelum Terlambat

Pneumonia adalah infeksi pada satu atau kedua paru paru. Penyebab pneumonia antara lain disebabkan oleh kuman, bakteri, virus hingga jamur. Namun pneumonia juga bisa disebabkan karena menghirup cairan atau bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Alveoli terisi dengan cairan atau nanah, sehingga sulit bernapas Sebagian besar jenis pneumonia menular. Untuk pneumonia yang berasal dari virus dan bakteri dapat menyebar ke orang lain melalui inhalasi tetesan udara dari bersin atau batuk.

Namun pneumonia yang diakibatkan oleh jamur dari lingkungan, tidak menyebar dari orang ke orang. Siapa pun bisa terkena pneumonia, tetapi orang orang tertentu berisiko lebih tinggi. 1. Bayi sejak lahir hingga usia 2 tahun.

2. Lansia berusia 65 tahun atau lebih 3. Orang yang mengalami stroke , memiliki masalah menelan, atau terbaring di tempat tidur 4. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah karena penyakit atau penggunaan obat obatan seperti steroid atau obat kanker tertentu

5. Perokok, menyalahgunakan obat obatan terlarang jenis tertentu, atau minum alkohol dalam jumlah berlebihan 6. Orang dengan kondisi medis kronis tertentu seperti asma , fibrosis kistik , diabetes , atau gagal jantung Pertahanan pertama melawan pneumonia adalah dengan mendapatkan vaksinasi.

Ada dua vaksin pneumonia , yang dapat membantu melindungi terhadap pneumonia bakteri. Pneumonia seringkali merupakan komplikasi dari flu, jadi jika ingin terhindar dari penyakit ini, pastikan untuk mendapatkan suntikan flu tahunan. Berdasarkan National Institutes of Health, vaksin pneumonia tidak akan mencegah semua kasus kondisi ini.

Tetapi orang yang telah divaksinasi, memiliki kemungkinan yang lebih ringan dan risiko komplikasi lebih rendah. Dua jenis vaksin pneumonia yaitu, Prevnar 13 dan Pneumovax 23. Selain vaksinasi, ada hal hal yang dapat dilakukan untuk menghindari pneumonia.

Jika kamu seorang perokok, cobalah untuk berhenti. Karena merokok membuatmu lebih rentan terhadap infeksi pernapasan, terutama pneumonia. Cuci tangan secara teratur dengan sabun, terutama jika hendak makan. Tutupi batuk dan bersin dengan tisu atau sapu tangan, dan segera buang tisu bekas agar virusnya tidak menyebar.

Pertahankan gaya hidup sehat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuhmu. Istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat, dan berolahraga secara teratur. Perawatan penyakit ini tergantung pada jenis pneumonia yang diderita, seberapa parahnya, dan kesehatan umum pasien.

Obat antibiotik, antivirus, dan antijamur digunakan untuk mengobati pneumonia, tergantung pada penyebab spesifik dari kondisi tersebut. Sebagian besar kasus pneumonia bakteri dapat diobati di rumah dengan antibiotik oral, dan sebagian besar orang merespons antibiotiksatu hingga tiga hari sekali. Perawatan rawat jalan atau dirumah dapat dilakukan dengan cara, mengonsumsi obat sesuai resep dokter, memperbanyak istirahat, mimun lebih banyak cairan dan jangan bekerja terlalu berat.

Jika penderita sudah memiliki masalah kesehatan tertentu, pneumonia dapat memperburuknya. Kondisi kondisi ini termasuk gagal jantung kongestif dan emfisema. Untuk orang orang tertentu, pneumonia meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

Berita Terkait

VIRAL Pria Gunakan Bra sebagai Pengganti Masker Pelindung dari Kabut Asap, Masker Apa yang Tepat?

Nurofia Fauziah

Tak Sebugar Dulu, Bolehkah Penyintas Kanker Seperti Ani Yudhoyono Berpuasa? Yuk Simak Fakta Medisnya

Nurofia Fauziah

Begini Penjelasan Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty Perempuan Bisa Hamil Saat Berada di Kolam Renang

Nurofia Fauziah

Hanya dengan Minum Air Sebelum Makan Cara Menurutkan Berat Badan Tanpa Diet ataupun Olahraga

Nurofia Fauziah

10 Buah dan Sayur Ini Mampu Turunkan Kolesterol Usai Idul Adha: Pepaya, Wortel hingga Seledri

Nurofia Fauziah

Menggigil hingga Hilangnya Kesadaran Denyut Nadi Melemah Penyebab & Gejala Hipotermia

Nurofia Fauziah

Mengetahui Gejala Penyakit Jantung Sejak Dini

Nurofia Fauziah

Pengetahuan Masyarakat tentang Kesehatan Jiwa Masih Minim

Nurofia Fauziah

Ayah Dewi Perssik Meninggal Dunia Karena Diabetes, Ini Gejala Penyakitnya, Termasuk Cepat Lapar

Nurofia Fauziah

10 Gerakan Yoga Mudah & Sederhana Baik buat Kesehatan Wanita

Nurofia Fauziah

Hindari Kelaparan Berlebih & Kenali Waktu Tepat buat Makan 5 Cara Diet Mudah & Aman Bagi Tubuh

Nurofia Fauziah

Musim Kemarau Masih Sampai November 10 Makanan Yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas

Nurofia Fauziah

Leave a Comment