Tips

Aman Dan Nyaman, Berikut 4 Alat Mandi Bayi Baru Lahir Yang Wajib Dimiliki

Melihat si buah hati yang baru lahir dalam keadaan segar dan wangi memang tidak bisa dipungkiri lagi. Untuk itu, tidak heran jika orang tua akan memandikan bayi pada waktu tertentu. Jika Anda salah satunya, pastikan Anda sudah memiliki kelengkapan alat mandi bayi baru lahir terlebih dahulu. Berikut adalah ulasan peralatan yang Anda butuhkan.

Perlengkapan Mandi Untuk Bayi Yang Baru Lahir

1. Bak Mandi Untuk Bayi

Ada alasan mengapa bak mandi bayi memang layak untuk balita atau bayi baru lahir. Salah satunya adalah bentuk, ukuran, dan juga material yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Hal itulah yang membuat bak mandi khusus bayi bersifat wajib. Anda bisa memilih bak yang tidak terlalu besar, berbahan halus, dan juga tidak ada bagian bagian yang tajam.

Dengan segala hal yang telah ditekankan, memandikan si buah hati akan lebih aman dan nyaman. Anda tidak perlu khawatir kulit si kecil tergores atau bahkan tenggelam karena bak yang terlalu dalam. Bahkan, beberapa model bak mandi juga dilengkapi dengan karet anti selip yang membuat proses memandikan bayi lebih aman.

2. Perlak Bayi

Idealnya, bayi baru lahir hanya disarankan untuk dimandikan setelah mencapai 14 hari pasca kelahiran. Jika belum waktunya, alat mandi bayi baru lahir berupa perlak bisa menjadi solusinya. Perlak ini akan mempermudah proses memandikan bayi dengan cara diusap dengan kain lap atau waslap. Umumnya, perlak ini digunakan sebagai alas anti air di atas kasur.

3. Handuk Dan Washlap Lembut

Baik Anda ingin memandikan menggunakan bak atau perlak, lebih baik gunakan handuk dan washlap bayi. Hal utama yang wajib diperhatikan adalah bahan yang lembut, halus, dan menyerap air dengan baik. Ingat bahwa si buah hati masih memiliki kulit yang sensitif. Karenanya, bahan lembut akan mengurangi risiko goresan pada kulit saat kontak langsung dengan bayi.

4. Sabun Dan Sampo Untuk Bayi

Sabun dan shampo yang diformulasikan khusus untuk bayi juga tidak boleh terlewat. Namun, ingat bahwa produk yang dibeli pun tidak boleh sembarangan. Pastikan kandungan bahan sampo atau sabun tersebut aman. Gunakan produk dengan pH netral, hindari pewangi, antiseptik, dan SLS.

Produk sampo dan sabun terbaik untuk alat mandi bayi baru lahir dapat Anda temukan dari Mitu Baby. Baby Mitu milk bath adalah sabun dengan formula khusus bayi yang mengutamakan keseimbangan pH. Ada pula Mitu Baby Shampoo yang tidak pedih di mata. Jika ingin yang ekonomis, Anda pun bisa pilih Mitu Baby sabun 2in1.

Pada dasarnya, memandikan bayi yang baru lahir belum dianggap wajib. Namun, tidak sedikit pada orang tua yang ingin anaknya tampil segar, wangi, dan bersih. Tak elak orang tua pun memandikan atau membasuh badan bayi. Untuk hindari kecelakaan, perlu digunakan bak mandi, perlak, handuk, washlap, atau sabun yang didesain khusus untuk bayi.

Berita Terkait

Alasan Anda Perlu Menggunakan Lem Cap Gajah Untuk Membasmi Tikus

Nurofia Fauziah

5 Tips Menyaring Informasi dari Berbagai Portal Berita Indonesia

Nurofia Fauziah

7 Tips Memilih Kursi Belajar yang Nyaman untuk Si Kecil

Nurofia Fauziah

Leave a Comment