Otomotif

Aman, Daihatsu Terios Tidak Masuk Recall Penggantian ECU Airbag

— PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menginformasikan, Terios aman dari recall curtain shield airbag. Program penarikan kembali untuk diperbaiki itu hanya terjadi pada Toyota Rush produksi dari akhir Desember 2017 hingga awal Februari 2019. Informasi itu disampaikan langsung oleh Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra. Menurut dia, low sport utility vehicle (LSUV) yang diproduksi Daihatsu itu tidak memiliki curtain airbag seperti Rush. "Sehingga Terios tidak ada recall," ucap wanita yang akrab disapa Amel itu ketika dikonfirmasi Kompas.com, Senin (15/7/2019).

Spesifikasi jumlah kantong udara Terios berbeda dengan Rush, Terios hanya memiliki dual SRS airbag di bagian pengemudi dan penumpang depan. Sementara Rush dibekali dual SRS airbags, side & curtain airbag, untuk melindungi pengemudi dan penumpang. Total terdapat enam airbag di kabin. Side airbag berlokasi di bagian sisi kursi depan untuk melindungi penumpang bila mobil ditabrak atau menabrak bagian samping.

Curtain airbag berada di bagian pilar A dan C. Berbeda dengan Astra Daihatsu, PT Toyota Astra Motor (TAM) memutuskan menggelar, kampanye perbaikan massal pada model Rush mencakup kendaraan produksi akhir Desember 2017 hingga awal Februari 2018. Total kendaraan yang masuk dalam program ini mencapai 60.000 unit, karena potensi masalah pada Curtain Shield Airbag.

Toyota menyebutkan, curtain airbag dapat mengembang secara tidak sengaja pada kondisi tertentu karena adanya pemprograman komputer yang tidak sesuai. “Demi safety & memberikan “Peace of Mind”, kami akan menginformasikan para pemilik kendaraan Rush untuk mengganti ECU Airbag kendaraannya. Proses penggantian ini sangat mudah dilakukan di bengkel resmi Toyota dan tanpa biaya sama sekali (gratis),” sebut Yoshihiro Nakata, President Director Toyota Astra Motor. Yoshihiro menyatakan, kampanye penggantian ini merupakan bagian dari inisiatif global yang dijalankan prinsipal Toyota Motor Corp di Jepang.

Informasi pemberitahuan tentang penggantian ECU Airbag ini disampaikan melalui surat resmi ke konsumen maupun melalui saluran komunikasi media massa dan situs resmi Toyota. Terkait program ini, Yoshihiro Nakata menjelaskan, seluruh jaringan Toyota juga dilibatkan untuk memastikan pelanggan segera melakukan penggantian ECU Airbag kendaraan Rush nya, mengingat adanya potensi di mana curtain airbag dapat mengembang secara tidak sengaja pada kondisi tertentu karena adanya pemprograman komputer yang tidak sesuai. Terkait dengan program ini, pelanggan Toyota bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telpon 1 500 315.

Pelanggan dapat juga mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc, dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam kampanye penggantian ECU Airbag Rush tersebut. Jika mobil Rush milik pelanggan masuk ke dalam kampanye ini, maka pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat atau yang diinginkan, untuk dilakukan pengecekan dan upgrade ECU Airbag. Dalam waktu kurang dari 48 jam, pelanggan akan dihubungi kembali untuk informasi mengenai booking time di bengkel. Pengerjaan pengecekan dan penggantian ECU Airbag Rush ini berlangsung sekitar 30 menit dan seluruh biayanya gratis.

“Kami sangat menyarankan agar pelanggan dapat segera memastikan/mengecek kendaraannya dan melakukan penggantian ECU Airbag di bengkel resmi Toyota. Ini berlaku khususnya pada Rush dengan rentang waktu produksi akhir Desember 2017 hingga awal Februari 2019,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director Toyota Astra Motor.

Berita Terkait

Toyota Ungkap Penjualan Calya dan Agya Masih Kuat di Segmen LCGC

Nurofia Fauziah

Mana yang Anjlok Harganya antara Mobil Bekas Wuling Confero S, Avanza, dan Xpander

Nurofia Fauziah

Motor Retro Baru Dari Benelli Buat Pasar India Harga Dan Spesifikasi Benelli Imperial 400

Nurofia Fauziah

Bukti Prinsipal Buka Peluang Suzuki Jimny Diproduksi di Indonesia

Nurofia Fauziah

Harga dari 75 Jutaan Saja Mobil Keluarga Lawas Bermesin Tangguh Incaran Pembeli Toyota Kijang LGX

Nurofia Fauziah

Tak Ada Pengiriman Pabrik menuju Dealer Datsun Cross Stop Jualan

Nurofia Fauziah

Harga Resmi Suzuki XL7 dengan Honda BRV Bandingkan Lebih Murah Dari Kompetitornya

Nurofia Fauziah

Cek Harga Mobil Hatchback Lainnya di Bulan Maret 2020 harga Toyota Yaris Naik

Nurofia Fauziah

Terbang Langsung ke Nagoya, Garuda Sematkan Livery Logo Mitsubishi di Badan Airbus A330

Nurofia Fauziah

Builder Italia-Jepang Berbagi Pengalaman Bangun Motor Custom di Suryanation Motorland 2019 Show Off

Nurofia Fauziah

2 Merek Mobil Tiongkok Ini Sudah Ada di Indonesia dengan Harga 50 Jutaan Saja Jauh Sebelum Wuling

Nurofia Fauziah

Informasi Tersebut akan Ditindak Lanjuti Tim 5 Continents Drive Temui Komunitas Fortuner Tim

Nurofia Fauziah

Leave a Comment