Travel

Ada yang Tawarkan Promo Daftar Tempat Wisata di Bali yang Sudah Dibuka

Lima tempat wisata di Tabanan Bali sudah dibuka. Adapun lima tempat wisata di Tabanan Bali yang dibuka yaitu, Ulun Danu,KebunRayaEkaKaryaBali,TanahLot, Jatiluwih, danTheBloomsGarden. Peresmian pembukaan DTW (Daerah Tujuan Wisata) digelar di DTW Ulundanu Beratan, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti,Tabanan, Senin (20/07/2020) dengan pemotongan pita.

Di hari pertama dibukanya, DTW Ulundanu juga menerapkan sistem paket dan diskon kepada wisatawan yang datang. •Bupati Tabanan Akan Membagikan Beras Pada 1.012 Karyawan yang Dirumahkan dan PHK "Sebenarnya ada 8obyekwisata, tapi baru lima DTW yang sudah siap untuk dibuka karena sudah menyiapkan protokol kesehatan," ujar Bupati Eka usai acara peresmian dibukanya lima DTW diTabanan, Senin (20/07/2020).

Manager OperasionalDTWUlunDanuBeratan, I Wayan Mustika mengatakan, berharap jumlah wisatawan yang datang bisa meningkat secara bertahap. Sebab, dalam percobaan yang dilakukan Minggu (19/07/2020) kemarin, jumlah kunjungan wisatawan lokal hanya 500 orang atau masih jauh dibandingkan kunjungan seluruhnya yang mencapai 2.500 orang per harinya. "Kemarin kita sudah melakukan percobaan, untuk wisatawan lokal memang jauh dari biasanya hanya 500 wisatawan saja artinya tidak begitu ramailah. Kalau di hari normal kunjungan wisatawan domestik atau wisatawan nusantara dan mancanegara mencapai 2.500 orang," sebutnya.

Mustika menjelaskan, untuk menyiasati hal tersebut, pihak manajemen telah menyediakan sistem paket serta diskon tiket sebesar 20 persen. Sistem paket tersebut artinya ada paket yang harganya Rp 30 ribu, Rp 35 ribu Rp 40 Ribu. Untuk harga paket Rp 30 ribu wisatawan akan bisa menikmati kopi dan pisang goreng di restoran setempat.

Kemudian harga paket Rp 35 ribu wisawatan mendapat keistimewaan hidangan jus strawberry serta pisang goreng. Dan terakhir harga Rp 40 ribu wisawtan bisa menikmati es gelato dan pisang goreng serta nasi goreng. "Mulai besok kita sudah mulai buka tiket. Artinya wisatawan bisa hanya membeli tiketnya atau membeli paket tersebut," jelasnya.

Dia melanjutkan, manajemen juga sudah menyediakan diskon untuk tiket masuk sebesar 20 persen. Untuk sistem paket akan berlangsung hingga Desember mendatang, kemudian untuk diskon tiket masuk rencananya hingga akhir Agustus mendatang. "Kita terpaksa terapkan sistem paket dan diskon harga tiket karena melihat kondisi. Semoga kondisinya segera membaik," tandasnya.

Dikatakan, selama ditutup dalam selama empat bulan terakhir ini, DTW Ulun Danu mengalami kehilangan pendapatan hingga Rp 12 miliar. Kebun Raya Eka KaryaBaliatau yang lebih dikenal dengan sebutan Kebun Raya Bedugul akan membuka kembali kunjungan mulai Rabu (22/07/2020). Saat ini, pihak kebun raya sedang mempersiapkan segala sesuatunya sesuai protokol kesehatan.

Terlebih lagi, kebun raya sudah mengantongi sertifikat tatanan kehidupan era baru yang sudah diserahkan BupatiTabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti. Namun, pihak manajemen tak mau gegabah dalam membukaobyekwisatayang terkenal dengan ribuan pohon dan ratusan koleksi tanaman ini. Pihak manajemen akan menerapkan empat fase. Di antaranya fase nol, fase 1, fase 2, serta fase 3. Masing masing fase memiliki ketentuan masing masing.

Seperti misalnya pada penerapan fase satu akan diberlakukan selama satu pekan dengan kuota maksimal kunjungan mencapai 1.500 orang. Manajemen untuk sementara belum membuka obyek yang bersifat ada di dalam ruangan seperti rumah kaca kaktus, begonia, hingga anggrek. Sebab, untuk obyek ruangan memerlukan protokol khusus yang perlu dipersiapkan. "Kita baru terima sertifikatnya (Senin) kemudian kami masih melakukan sejumlah persiapan. Dan, mulai Rabu kita sepakat untuk dibuka dengan protokol kesehatan," kata Kepala Kebun Raya Eka Karya Bali, Didit Okta Pribadi, Senin (20/07/2020).

Didit menjelaskan, pihak kebun raya akan menerapkan empat fase yakni fase nol, satu, dua, dan fase tiga. Fase tersebut akan menentukan jumlah kuota kunjungan dan obyek yang dibuka. "Empat fase ini kita sambil menguji protokol kesehatannya juga. Ini juga proses adaptasi sambil melihat, apakah kita sudah siap untuk itu karena ketika dibuka nanti kondisinya akan berbeda sehingga perlu dievaluasi setiap fasenya," kata dia. "Dalam fase nol ini kita terapkan kuota maksimal 1.500 orang dan juga membatasi kegiatan indoor atau lebih ke outdoor. Kemungkinan fase nol ini akan kita terapkan selama satu minggu," jelas Didit.

Didit melanjutkan, untuk fase nol tersebut untuk obyek rumah kaca (indoor) masih belum buka, artinya masih hanya membuka yang obyek lapangan atau di luar ruangan. Karena untuk membuka obyek di ruangan atau kegiatan indoor masih perlu protokol khusus dan masih sedang dipersiapkan terus. "Ketika pada tahap fase nol sudah dirasa aman dan lancar alias sudah mantap, baru akan melanjutkan ke fase 1. Dalam fase ini, manejemen akan kembali menambah kuota kunjungan menjadi 2.000 kunjungan sambil mempersiapkan protokol untuk dalam ruangan seperti rumah kaca (indoor)," jelasnya lagi.

Kemudian, kata dia, setelah fase 1 ini berjalan baik barulah akana dilanjutkan ke fase 2 yang kembali menambah kuota kunjungan menjadi 2.500 dan pada fase 3 (terakhir) menambah kuota hingga 3.000 kunjungan. "Intinya kita merencanakan empat fase. Dalam pelaksanaan setiap fase tersebut kita akan evaluasi terus. Sehingga kita melihat perkembangannya terus dalam setiap fase tersebut, karena ketika satu fase dirasa mantap akan dilanjutkan ke fase selanjutnya," tandasnya. Daerah Tujuan Wisata (DTW) Jatiluwih berada di Kecamatan Penebel,Tabanan,Bali.

Ketua Pusat Penelitian Subak Universitas Udayana (Unud) Prof Dr Ir I Wayan Windia, SU pada Rabu, 8 Mei 2019 lalu menilai, sejak kawasan Subak Jatiluwih berstatus Warisan Budaya Dunia (WBD), peningkatan wisatawan yang datang ke daerah tersebut semakin banyak. Peningkatan itu, menurutnya, kini telah mencapai angka 300 persen. Pada awalnya berada di angka sekitar 50 ribu dan sekarang sudah berlipat ganda mencapai 200 ribu orang wisatawan per tahun.

The Blooms Garden atau Taman Bunga terletak di Banjar/Desa Batusesa, Kecamatan Baturiti,Tabanan,Bali. ManajemenTheBloomsGardenmengaku sudah siap membuka karena sudah mempersiapkan pelayanan dengan standar operasional prosedur (SOP) yang mengacu dengan protokol kesehatan. Menurut ManagerTheBloomsGarden, I Komang Angga Antika, taman bunga yang terletak di Kecamatan Baturiti tersebut sudah tutup sejak 25 Maret lalu.

Selama ini, pihaknya bersama jajaran hanya melakukan perawatan tanaman, pembersihan, serta penataan taman dan menambah sejumlah spot baru. Pihaknya sudah siap dengan protokol kesehatan. Di antaranya seperti penggunaan APD (masker dan face shield), pengecekan suhu terhadap pengunjung, serta tempat cuci tangan. Manajemen The Blooms Garden juga mempersiapkan sejumlah program wisata.

Pertamauntuk pembangunan patung Marina Bay sebagai spot selfie. Kemudian patung Barong dari tanaman, serta penambahan 6 unit villa yang terletak paling atas di kawasan tersebut. Selain itu, juga sedang membuka jalur tracking ke arah hutan yang bekerja sama dengan komunitas setempat.

"Dalam perjalannya nanti kita juga sediakan tempat selfie. Selanjutnya kita juga sedang merancang kolam pancing di kawasan tersebut," kata Angga saat konfirmasi, Rabu (08/07/2020). "Tapi kalau untuk koleksi tanaman baru terpaksa kami batalkan sementara karena situasi ini. Sekarang kita memanfaatkan tanaman yang sudah ada seperti pembibitan ulang artinya diperbanyak lagi," jelasnya. Menurut Manager Operasional DTWTanahLot, I Ketut Toya Adnyana, Kamis (20/2/2020) lalu, dampak Covid 19 memang sangat dirasakan.

Sebelum adanya VirusCorona, setiap pagi kunjungan Cina per hari rata rata mencapai 700 orang. Manajemen DTW TanahLot sebelumnya juga berencana bakal naikkan tiket mulai bulan April 2020, namun tidak jadi akibat pandemi Covid 19. Adapun rincian kenaikan tiket itu untuk wisatawan domestik dewasa dari Rp 30.000 menjadi Rp 35.000, wisatawan domestic anak anak sebelumnya Rp 15.000 menjadi Rp 20.000.

Sedangkan wisatawan asing anak dari Rp 30.000 menjadi Rp 40.000 dan wisatawan asing dewasa dari Rp 60.000 menjadi Rp 75.000. BupatiTabanan,Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti menjelaskan, dibukanya kembali 5 DTW ini untuk wisatawan lokal karena masih dalam masa transisi. Dia berharap dengan dibukanya DTW ini bisa memutar roda perekonomian secara bertahap. Dan ia menekankan terhadap protokol harus diterapkan secara ketat, agar jangan sampai muncul kluster baru lagi.

"Jangan sampai ada kluster baru lagi karena ketika sudah menyebar sangat susah untuk dikendalikan. Nanti akan ada gugus tugas yang mengawasi pelaksanaannya. Dan jika ada saja pelanggaran, DTW tersebut akan kami langsung tutup saja," tegasnya. Disinggung mengenai pembukaan pantai diTabanan, Eka Wiryastuti menyatakan saat ini masih melakukan pembahasan dengan desa adat setempat. Meskipun akan dibuka, tetap harus ada protap kesehatan dan sudah harus siap dengan penerapan protokol kesehatan.

"Begitu juga denganobyekwisatamilik pribadi harus menyiapkan protokol kesehatan. Kemudian untuk dibukanya pantai pantai diTabanankami masih lakukan koordinasi dengan Desa Adat masing masing," tandasnya. (*)

Berita Terkait

Hari Terakhir Promo TIX.ID Diskon 50 Persen Film Captain Marvel, Lihat Syaratnya

Nurofia Fauziah

Rencanakan Liburan Hemat dan Menyenangkan Anda Saat Lebaran

Nurofia Fauziah

Spesies Ubur-Ubur Ini Bisa Menyengat Tanpa Disentuh Awas

Nurofia Fauziah

Member Startup Ini Dimungkinkan Bisa Free Jalan-Jalan Hanya dengan Menyebarkan Link Afiliasi

Nurofia Fauziah

Cerita Khansa, Pendaki Cilik Asal Cibubur yang Gapai Puncak Tertinggi Kilimanjaro Afrika

Nurofia Fauziah

Pasangan Ini Rela Terbang 30 Jam saat Lockdown Covid-19 buat Bertemu Bayi ‘Sambung’ Mereka

Nurofia Fauziah

Negara yang Punya Pegunungan Avatar & Stasiun Bawah Tanah Terdalam di Dunia Fakta Unik China

Nurofia Fauziah

Begini Persiapan Pengibaran Bendera Merah Putih Bawah Air di Ancol

Nurofia Fauziah

Turis di China Langgar Peraturan karena Kendarai Mobil di Forbidden City Viral di Medsos

Nurofia Fauziah

Ini Alur Pemeriksaan Calon Penumpang di Terminal 2 & 3 Bandara Soekarno-Hatta Selama Pandemi

Nurofia Fauziah

Ini Cara Paling Mudah dan Murah ke Korea Selatan

Nurofia Fauziah

Yuk Isi Libur Lebaran ke Destinasi Paling Hits di Depok

Nurofia Fauziah

Leave a Comment