Metropolitan

Ada yang Enggak betul Ragukan Kinerja Anies Baswedan sejak Resmi Dilantik Politisi PSI Rian Ernest

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Rian Ernest blak blakan mengaku meragukan kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sejak resmi dilantik. Karena itu, Rian Ernest menyebut pihak DPRD DKI membentuk Panitia Khusus (Pansus) banjir Jakarta. Pembentukan Pansus Banjir Jakarta itu terkait dengan sejumlah korban tewas akibat banjir sejak awal 2020 lalu.

Hal itu disampaikan Rian Ernest melalui tayangan YouTube tvOneNews, Kamis (27/2/2020). Mulanya, Rian Ernest mengungkap keraguannya pada kinerja Anies Baswedan. "Jadi begini, dari awal PSI susah melihat performa dan kinerja gubernur," ucap Rian.

"Dari sejak awal dilantik sebenarnya, kami sudah melihat." Sejak awal dilantik, Anies Baswedan disebutnya juga sudah diimbau sejumlah pihak untuk fokus pada naturalisasi dan normalisasi sungai. Namun, sang gubernur justru mengumumkan diselenggarakannya Formula E di Monas.

"Kami sudah berikan warning, normalisasi dan naturalisasi sungai konsepnya sudah sampai mana," kata Rian. Menurut dia, gelaran Formula E itu hanya menghabis habiskan anggaran. "Kita belum tahu konsepnya seperti apa tiba tiba keluarlah Formula E, (Rp) 1,6 triliun," ujar Rian.

Ia menilai, anggaran sebesar itu bahkan bisa digunakan untuk menanggulangi banjir. "Anggaran sebesar itu bisa buat 250 rumah pompa, bisa untuk membuat dua bendungan," kata Rian. "Jakarta sekarang fokusnya soal macet dan banjir, ini yang kami pertanyakan kepada Pak Gubernur."

Lantas, Rian pun menyinggung sejumlah korban tewas akibat banjir Januari 2020 lalu. Hal itu lah yang disebutnya menjadi alasan DPR membentuk Pansus Banjir Jakarta. "Lalu begitu akhirnya sudah ada puluhan orang tewas dari awal mah kita bilang kita sudah harus Pansus," terang Rian.

"Karena sudah ada yang tewas, ini ada hal yang enggak bener dari Pak Gubernur." Di sisi lain, aktivis sosial Geisz Chalifah disindir oleh Politisi Nasdem Irma Suryani Chaniago saat mengungkit soal prestasi dan kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Irma mulai meledek Geisz, ketika pembicaraan yang difokuskan terhadap isu banjir, mulai melebar ke isu isu lain.

Ia menyindir Geisz bahwa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih jauh. Pertama Geisz mencoba menjelaskan bahwa sebagai aktivis sosial, ia juga menulis buku tentang banjir pada tahun 2007. "Pertama soal aktivis sosial, banjir 2007, saya bukan saja terlibat, saya menulis bukunya, tentang banjir," jelasnya dikuti dari YouTube Talk Show tvOne, Jumat (28/2/2020).

Kemudian pria yang juga menjabat sebagai Komisaris Ancol itu membantah Anies tidak konsisten dalam menangani banjir. Ia menegaskan apa yang dilakukan oleh Anies bertujuan agar masyarakat di Ibu Kota sadar beta pentingnya lingkungan hidup di sekitar. "Bahwa Anies tidak konsisten, yang sedang dilakukan adalah memberikan kesadaran lingkungan, agar setiap rumah membangun sumur, sebagaimana Pemprov juga melakukannya," papar Geisz.

"Di tengah situasi seperti ini, itu yang sedang dilakukan oleh Anies, jadi bagaimana supaya masyarakat kita beradaptasi dengan air yang sekarang terjadi, maupun yang akan datang," lanjutnya. Geisz merasa persoalan banjir Jakarta di era Anies justru lebih berat di persoalan politik ketimbang masalah sebenarnya. "Bukan hanya itu, banyak hal yang sudah dilakukan, tetapi soal banjir ini memang lebih banyak politisasinya, dari pada persoalan banjirnya," katanya.

Geisz juga menanggapi terkait perbandingan kinerja antar gubernur. Ia mengatakan perbandingan justru harus dilakukan untuk mengetahui pada era siapa banjir ditangani dengan baik Pada era Anies, Geisz yakin bahwa penangan banjir terjadi lebih baik karena adanya data yang mendukung.

"Saya katakan lebih baik, faktanya ada, data statistik," ucap Geisz.

Berita Terkait

Persyaratan Dokumen Administrasi 2 Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Dinyatakan Lengkap

Nurofia Fauziah

Mayat Wanita Ditemukan Terkubur di Taman Kota Tol Jagorawi, Diduga Korban Pembunuhan

Nurofia Fauziah

Terancam Hukuman Mati Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana John Kei Kembali Ditangkap Polisi

Nurofia Fauziah

Kali Sunter Berubah Jadi Warna Biru Pekat, Pemprov DKI Cari Pelakunya

Nurofia Fauziah

Bintang Iklan Trader Saham di YouTube Ngaku Bernama Budi Setiawan Jadi Viral Inikah Sosok Aslinya

Nurofia Fauziah

Dakwah buat Milenial Dengan Live Streaming

Nurofia Fauziah

Ketua DPW PSI Jakarta Laporkan Akun Facebook Ninoy Karundeng

Nurofia Fauziah

Tersangka Kasus Penyiraman Cairan Kimia Racik Bahan di Samping Mapolsek Sambil Seruput Kopi

Nurofia Fauziah

Korsleting Kipas Angin Diduga Picu Kebakaran Yang Melahap 3 Rumah Kontrakan di Tanjung Priok

Nurofia Fauziah

DPR Minta Polisi Sebar Personel di Sekitar Klub Malam BMW Tabrak Apotek

Nurofia Fauziah

Pegawai Restoran Yang Dirumahkan Kini Pilih Pulang Kampung Karena Corona kisah Lenia

Nurofia Fauziah

Orang Tua Korban Diteror Hingga Dimintai Tebusan Rp 15 Juta Kasus Penculikan Balita di Jatinegara

Nurofia Fauziah

Leave a Comment