Metropolitan

Ada Sri Mulyani Deretan Menteri ‘Wajah Lama’ Diprediksi Masuk Kabinet Kerja Jilid II

Pelantikan presiden dan wakil presiden 2019 2024 akan segera digelar. Tepatnya pada Minggu 20 Oktober 2019 pukul 14.30 WIB. Jelang pelantikan presiden dan wakil presiden, muncul beberapa isu yang ramai diperbincangkan.

Salah satunya adalah calon deretan menteri yang akan masuk dalam kabinet kerja II Jokowi Maruf Amin. Terbaru, Jokowi juga sempat membocorkan mengenai kabinet baru yang akan membantunya dalam membangun Indonesia selama lima tahun. Jokowi mengatakan jika dirinya akan memastikan beberapa menteri untuk dipertahankan.

"Ya, ada yang lama. Yang baru, banyak,” kata Presiden Jokowi setelah menerima pimpinan MPR RI, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/10/2019) siang. Lantas siapa saja mereka? Spekulasi tentang susunan kabinet baru mengemuka jelang pelantikan Jokowi Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Hingga saat ini, Jokowi masih menutup rapat nama nama calon menteri untuk Kabinet Kerja jilid II. Meski demikian, Jokowi telah memberikan sejumlah bocoran terkait susunan kabinetnya. Salah satu bocoran yang disampaikan yakni Jokowi bakal mempertahankan sejumlah menteri yang saat ini menjabat.

"Ya ada lah. Yang lama ada, yang baru juga banyak," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Jokowi juga menyatakan saat ini susunan kabinet telah selesai disusun dan tinggal diumumkan setelah pelantikan. Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto diperkirakan kuat bakal kembali menjadi menteri di kabinet Jokowi.

Terlebih saat ini, Airlangga juga tidak mencalonkan diri sebagai anggota DPR sehingga tidak menduduki jabatan di DPR ataupun MPR. Sebagai partai kedua pemenang pemilu, Golkar pun berpeluang memperoleh kursi menteri terbanyak kedua setelah PDIP. Hal itu tentunya semakin memperbesar peluang Airlangga masuk dalam kabinet.

Beredar kabar, Airlangga Hartarto bakal ditunjuk menjadi Menteri Koordinator bidang Perekonomian. Dikutip dari Kompas.com, Airlangga enggan berkomentar banyak soal kabar itu. “No comment. Itu hak preogatif Presiden (memilih menteri),” ujarnya di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Saat ditanya kesiapan dirinya bila dipilih Presiden Jokowi jadi Menko Perekonomian, Airlangga bilang masih menunggu kabar. “Kita menunggu arahan Pak Presiden,” kata dia. Dalam kabinet Jokowi JK, Golkar yang sebelumnya menjadi oposisi Jokowi, memiliki dua kursi menteri yakni Airlangga hartanto dan Menteri Sosial yang dijabat Agus Gumiwang Kartasasmita.

Banyak pihak menilai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastudi layak untuk dipertahakan sebagai menteri. Salah satunya diungkap olehKetua DPP PKS Mardani Alie Sera. "Bu Susi Pudjiastuti dengan keberaniannya menjaga laut Indonesia. Banyak pekerjaan belum selesai. Dan layak dilanjutkan," kata Mardani.

Meski demikian, Susi justru mengisyaratkan tak akan menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. "Ini konferensi pers bersama terakhir periode 2015 2019 saya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan," ucap Susi saat konferensi pers sekaligus penyerahan penghargaan penegak hukum bidang kelautan dan perikanan, Rabu (9/10/2019) di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta. Namun, hal itu bukan berarti Susi bakal tak masuk kabinet.

Jika tak menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, tak menutup kemungkinan Susi berpindah posisi menjadi menteri lain. Secara politik, Susi pun dikenal dekat dengan Ketua Umum PDIP Megawati Seokarnoputri. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (Menteri PUPR), Basuki Hadimuljono juga diprediksi kuat bakal dipertahankan dalam kabinet.

Basuki pun sangat besar peluangnya dipertahankan Jokowi karena berperan menjalankan program infrastruktur, program yang banyak disebut sebagai keberhasilan Jokowi. Jokowi pernah memuji Basuki sebagaiDaendels zaman sekarang. "Jadi Merak ke Banyuwangi selesai. Ini ada Daendels baru, yaitu Menteri PUPR. Kalau dulu Daendels dari Anyer ke Panarukan, sekarang dari Merak ke Banyuwangi," kata Jokowi sambil bergurau seusai peresmian Jalan Tol Rembang Pasuruan, Jumat (22/6/2018).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro akan tetap ada di susunan Kabinet Kerja Jilid II Jokowi KH Maruf Amin. Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, Bambang layak dipertahankanterkait perpindahan ibukota negara. Selama ini terlihat peran aktif dari Bambang Brodjonegoro, dalam merencanakan dan menganalisa semua lokasi calon ibukota negara.

"Bambang Brodjonegoro termasuk yang dipertahankan. Ada planning pemindahan ibukota di tangannya," jelas Hendri Satrio. Hendri Satrio melihat juga sosok Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi akan tetap berada di<span></span>Kabinet Jokowi KH Maruf Amin. "Bu Retno keberhasilannya buat Indonesia menjadi anggota Dewan Keamanan PBB lagi," jelasnya.

Pada tahun lalu, Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, setelah mendapatkan 144 suara di pertemuan Majelis Umum PBB. Indonesia terpilih menjadi anggota DK PBB untuk masa jabatan 2019 2020. Negara akan bergantian setiap bulannya pada tahun ini untuk menjabat sebagai Presiden Dewan Keamanan. Giliran tersebut diurutkan berdasarkan abjad bahasa Inggris masing masing negara.

Indonesia mendapatkan kesempatan menjabat Presiden DK PBB mulai 1 Mei 2019. Menurut Hendri Satrio, sosok Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan tetap dipertahankan Jokowi untuk periode kedua pemerintahannya. Seperti Menteri PUPR, Budai Karya kata dia, telah memberikan warisan tersendiri bagi bangsa ini khususnya terkait percepatan pembanguan transportasi di Indonesia.

Termasuk pembangunan dan revitalisasi bandara bandara di daerah dan transportasi daring (online). "Budi Karya Sumadi termasuk. Di zaman ini transportasi online ada dimana mana," jelasnya. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menurut Hendri Satrio, akan dipertahankan Jokowi untuk mengisi kabinet kerja Jilid II.

Berita Terkait

Terduga Penculik Bocah 3 Tahun di Bekasi Disebut Beberapa Kali Terlihat di Sekitar Masjid

Nurofia Fauziah

Rutan Depok Usul 850 Tahanan Dapat Remisi Khusus Idul Fitri

Nurofia Fauziah

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Jaringan Abu Zee di Cengkareng

Nurofia Fauziah

Penjual Nasi Pecel di Probolinggo Sumbangkan Celengan Umrah buat Korban Corona Kisah Sunarsih

Nurofia Fauziah

BERITA POPULER: Viral Penampakan Pocong di Tangerang, Polisi Akhirnya Ungkap Fakta yang Sebenarnya

Nurofia Fauziah

Wagub DKI Jakarta Akan Pertimbangkan Bantuan Uang Tunai Bagi Warga Terdampak Virus Corona

Nurofia Fauziah

Polisi Akan Lakukan Patroli di Sejumlah Titik Rawan untuk Cegah Balapan Liar di Bulan Ramadhan

Nurofia Fauziah

Kalimat Pamitan Driver Ojol pada Calon Istri Sebelum Hilang & Membusuk di Jalan Tol ‘Sudah ya Ma!’

Nurofia Fauziah

Temukan Barang Bukti Ini Identitas 3 Orang yang Ditangkap Berzina di Batu Diungkap Polda Jatim

Nurofia Fauziah

Dokter Ungkap Empati Gambar Hingga Tontotan Gadis ABG Tersangka Pembunuhan Diteliti Tulisan

Nurofia Fauziah

Polisi Duga Baru Lahir 2 Hari Ditemukan Jasad Bayi Masih Bertali Pusar di Aliran Kali Sukmajaya

Nurofia Fauziah

AK Sempat Ajak Suaminya Berhubungan Badan Sebelum Membunuh, 2 Eksekutor Gagal Ikut, 1 Alami Ayan

Nurofia Fauziah

Leave a Comment