Internasional

7 Sr Serta Bencana Banjir Dan Longsor Jepang Juga Diguncang Gempa 5 Selain Typhoon Hagibis

Typhoon Hagibis mulai melanda Jepang pada Sabtu (12/10/2019) dengan menghantam pantai timur negara tersebut. Typhoon Hagibis datang disertai hujan lebat ketika masyarakat mulai dievakuasi. Selain Typhoon Hagibis, gempa berkekuatan 5,7 juga melanda wilayah Kanto, Jepang sekitar pukul 18.22 waktu setempat.

Dikutip dari Japan Times , gempa tersebut mengguncang wilayah Prefektur Chiba di sore hari. Namun tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan. Pada Sabtu (11/10/2019) sore, sebelum Typhoon menghantam, dilaporkan sebuah truk terbalik dan menewaskan seorang pria di Chiba.

Badan Meteorologi Jepang mengungkapkan pada Sabtu (11/10/2019) sore, angin yang berkelanjutan dari typhoon telah diukur sekitar 100 mil per jam dengan hembusan hingga 135 mph. Badai itu diproyeksikan akan mendarat Sabtu (11/10/2019) malam di Semenanjung Izu, barat daya Tokyo. Pada Jumat (10/10/2019),Badan Meteorologi Jepang jugamemperingatkan bahwa Typhoon Hagibis dapat menyaingi Typhoon Kanogawa tahun 1958.

Kala itu,Typhoon Kanogawa menewaskan lebih dari 1.200 orang di Prefektur Shizuoka dan wilayah Tokyo. Dikutip dari News York Times , Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan hujan ekstrem untuk prefektur Shizuoka, Kanagawa, Tokyo, Saitama, Gunma, Yamanashi dan Nagano. Warga didesak untuk mengungsi atau pindah ke lantai yang lebih tinggi di bangunan kokoh terdekat.

Tanah longsor juga dilaporkan terjadi di Sagamihara, pinggiran kota di luar Tokyo. Tingkat air di dekat 30 sungai, di prefektur termasuk Tokyo, Kanagawa, Gunma dan Shizuoka sudah dianggap berbahaya oleh badan meteorologi. Tokyo Electric Power Company mengatakan bahwa 30.800 rumah tangga tanpa listrik.

Badan cuaca mengatakan wilayah tenggara Tokai dapat menerima sebanyak 31 inci hujan dalam periode 24 jam. Ketika Typhoon Hagibis mendekat di minggu ini, pada satu titik setara dengan badai Kategori 5. Kecepatan angin yang mencapai160 mph membuat Pemerintah Jepang bersiap untuk bencana yang akan melanda.

Sekitar 1,5 juta orang hidup di bawah permukaan laut di bagian timur Tokyo dan ahli meteorologi memperingatkan bahwa sebanyak lima juta orang mungkin perlu dievakuasi jika air membanjiri tanggul di daerah dataran rendah. Pada Sabtu (11/10/2019) sore, NHK melaporkan bahwa pemerintah daerah telah bersiap untuk mengevakuasi lebih dari 10 juta orang. Sebanyak 432ribu orang telah disarankan untuk mengungsi di bangsal Edogawa Tokyo karena takut adanya banjir besar.

Di Kota Kawasaki, lebih dari 900ribu orang telah didesak untuk mengungsi, menurut NHK . Ratusan penerbangan dibatalkan untuk mengantisipasi Typhoon Hagibis, termasuk semua penerbangan domestik dan internasional All Nippon Airways dari bandara di daerah Tokyo pada Sabtu (11/10/2019). Japan Railways menghentikan layanan di wilayah Tokyo pada Sabtu (11/10/2019), serta layanan kereta peluru antara Tokyo dan Osaka.

Adanya Typhoon Hagibis juga membuatpenyelenggara Piala Dunia Rugby untuk pertama kalinya membatalkan dua pertandingan di Jepang. Tempat tempat wisata di Tokyo, termasuk taman hiburan Disneyland dan DisneySea serta Kebun Binatang Ueno juga tutup pada Sabtu (11/10/2019). Begitu pula ratusan supermarket dan department store di kota dan prefektur terdekat.

Di Prefektur Chiba, suatu daerah yang masih dalam pemulihan dari Topan Faxai pada bulan September, puluhan orang mulai masuk ke sekolah sekolah yang telah direnovasi dan pusat pusat evakuasi lainnya. Faxai menghancurkan hampir 200 rumah dan menyebabkan sekitar 900ribu orang hidup tanpa listrik. Minggu ini, Jeff Masters ahli meteorologi majalah Scientific American, memperingatkan bahwa serangan langsung di Teluk Tokyo bisa menjadi bencana besar.

Tahun lalu, typhoon Jebi, topan terburuk dalam 25 tahun, menewaskan 11 orang, melukai ratusan lainnya dengan kerugian diperkirakan mencapai $ 12,6 miliar atau setara Rp 178,1 triliun.

Berita Terkait

Karyawan di Inggris yang Bekerja dari Rumah karena Virus Corona Dibayar Pemerintah 80 Persen

Nurofia Fauziah

Gadis Korea Tak hendak Hapus Make up Selama 2 Tahun Bahkan Ketika Tidur VIRAL Demi Cantik

Nurofia Fauziah

Berawal dari Tak Nafsu Makan Mahasiwa ITB Meninggal 7 Hari 7 Malam Kerjakan Skripsi Tanpa Tidur

Nurofia Fauziah

‘Korban Pura Pura Tidur’ Reynhard Sinaga Beri Pengakuan Mengejutkan Soal Pemerkosaan Yang Dilakukan

Nurofia Fauziah

Eropa dan Afrika Dukung MPR RI Bentuk Forum Majelis Syuro Sedunia Parlemen Maroko Ajak Negara Arab

Nurofia Fauziah

Masjid Alih Fungsi Jadi Bank Makanan Hingga Simpan Mayat Saat Wabah Corona Diimbau Ibadah di Rumah

Nurofia Fauziah

Kabar Pemeran Serial Meteor Garden, Jerry Yan yang Kini Sudah Berusia 42 Tahun

Nurofia Fauziah

Reaksi Salman Khan Saat Diajak Katrina Kaif Menikah dalam Film Bharat

Nurofia Fauziah

VIRAL Video Sup Hot Pot Meledak ke Wajah Pelayan Saat Mencoba Ambil Korek Gas yang Terjatuh

Nurofia Fauziah

Depresi Hadapi Kasus dengan Kekasihnya Caroline Flack Bunuh Diri setelah Temannya Pergi menuju Toko

Nurofia Fauziah

Politisi Ukraina Tertangkap Kamera Berkomunikasi Dengan PSK Saat Sidang Parlemen Berlangsung

Nurofia Fauziah

Ia Sudah Dijadikan Umpan Segera Bawa Pergi & Selamatkan Jika Anda Lihat Kucing dengan Cakar Ungu

Nurofia Fauziah

Leave a Comment