Lifestyle

7 Rekomendasi Aplikasi Baca Buku Gratis di Android & iOS yang akan Temani Kamu #diRumahAja

Ada beragam kegiatan bermanfaat yang dapat kamu lakukan saat di rumah (#dirumahaja) guna mematuhi kebijakanphysical distancing, di antaranya yakni membaca buku. Seperti diketahui, membaca buku merupakan suatu cara untuk menambah pengetahuan. Saat ini kegiatan membaca buku dapat kamu lakukan secara daring atau online melalui ponsel berbasis Android maupun iOS.

Sehingga kamu tidak perlu lagi ke perpustakaan atau ke toko buku, tetapi cukup dengan mengunduh aplikasi dan terhubung jaringan internet. Ipusnas merupakan perpustakaan digital yang dikelola Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Aplikasi ini dilengkapi eReader untuk membaca buku dalam bentuk elektronik (ebook) secara gratis.

Ada banyak kategori buku yang tersedia dalam aplikasi ini. Pengguna dapat meminjam buku dengan batasan waktu selama tiga hari. Ipusnas juga memiliki fitur fitur yang terhubung dengan media sosial sehingga memungkinkan untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Wattpad memungkinkan pengguna membaca tulisan dalam bentuk artikel, cerita pendek (cerpen), novel, puisi dan sejenisnya. Tulisan yang ada di layanan situs web dan aplikasi asal Kanada ini merupakan karya dari para pengguna. Siapa pun dapat bebas mengunggah tulisannya dan membaca di aplikasi ini secara gratis.

Storial.co merupakan platform baca novel gratis yang memungkinkan penggunanya membaca dan mengunggah ceritanya dalam format buku. Aplikasi ini mempunyai fitur AudioStory, sehingga pengguna dapat menikmati cerita versi audio. Sayangnya aplikasi ini belum tersedia untuk ponsel pintar berbasis iOS.

IJakarta adalah situs membaca buku yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta yang bekerja sama dengan Aksamaraya selaku pengembang aplikasi. Fitur fitur media sosial tersedia dalam aplikasi ini, pengguna dapat saling berinteraksi, memberikan rekomendasi buku, menyampaikan ulasan buku hingga mendapatkan teman baru. Selain itu iJakarta dilengkapi berbagai fitur lainnya, di antaranya koleksi buku, ePustaka, feed, rak buku, dan eReader.

Diketauhi, tak hanya iJakarta, sejumlah wilayah juga telah memiliki aplikasi serupa, di antaranya iJogja, iJateng, iBanten, iSalatiga, iJabar, iMagelang, iJatim. Ada berbagai kategori buku yang dapat dinikmati pengguna dalam aplikasi WebRead. Situs baca buku ini dilengkapi fitur pengalihan bahasa dan mode siang atau malam.

Sayangnya aplikasi ini belum tersedia di ponsel pintar berbasis iOS. Aplikasi sweek tak hanya menyediakan tulisan yang dapat dibaca secara gratis, tetapi penggun juga dapat mengunggah tulisannya. Dalam aplikasi ini, pengguna juga dapat bergabung dengan komunitas global dan terhubung dengan pembaca atau penulis lainnya.

Pengguna bisa mendapatkan banyak buku gratis yang tersedia di aplikasi Kindle yang mencakup semua kategori meliputi, fiksi, non fiksi, romansa, dan sejarah. Aplikasi ini juga menawarkan buku audio namun dapat diakses dengan berlangganan.

Berita Terkait

ini Manfaat Air Tajin yang Tak Banyak Orang Tahu Biasa Jadi Pengganti ASI

Nurofia Fauziah

Taurus Bertemu Pasangan Sejati! 4 Zodiak Penuh Kebahagiaan & Keberuntungan Sampai 2 Februari 2020

Nurofia Fauziah

Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 6 September 2019, Aries Harus Sangat Hati Hati, Cancer Bahagia

Nurofia Fauziah

Taurus senang Kekasih Orang Ramalan Zodiak Cinta buat Jomblo Scorpio Kesulitan Kamis 7 Mei 2020

Nurofia Fauziah

Praktis & Mudah Dilakukan Cara Membuat Masker Sendiri dari Tisu Dapur

Nurofia Fauziah

Tes Kepribadian – Warna Bulu yang Kamu Pilih Dapat Ungkap Sifat Aslimu yang Tersembunyi

Nurofia Fauziah

Pisces Jangan Buat Pacarmu Marah Ramalan Zodiak Cinta buat yang Pasangan Selasa 7 Januari 2020

Nurofia Fauziah

Kencan dengan Pacar Baru, Bukan Berarti Anda Move On dari Mantan

Nurofia Fauziah

5 Resep Seblak dengan Rasa Pedas yang Bikin Ketagihan

Nurofia Fauziah

Ramalan Zodiak Sabtu 1 Juni 2019, Aquarius Ambisius, Cancer Sentimen, Hari Leo Baik

Nurofia Fauziah

Contek Resep Ayam Goreng Mentega Super Enak Ini Saja! Bingung Masak Apa buat Makan Malam

Nurofia Fauziah

Luna Maya Sedih Setelah Sang Mantan Nikahi Syahrini? Peneliti:Patah Hati Bisa Sebabkan Kematian

Nurofia Fauziah

Leave a Comment