Travel

6 Tips Memilih Buah Alpukat yang Sudah Matang dan Siap Makan, Perhatikan Pangkal dan Kulit Buah

Buah alpukat merupakan satu di antara sekian banyak jenis buah di Indonesia yang digemari kebanyakan orang. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat buah alpukat bisa diolah menjadi beragam jenis masakan. Mulai dari jus alpukat, sandwich alpukat, hingga memakan buah alpukat secara langsung.

Namun saat membeli buah alpukat terbilang gampang gampang susah. Kebanyakan orang masih belum mengetahui bagaimana cara memilih buah alpukat yang sudah matang dan siap untuk langsung dikonsumsi. Sehingga banyak orang yang salah memilih buah alpukat dan harus mematangkannya beberapa hari terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Tips yang sangat mudah dan sederhana yakni dengan melihat warna kulit buah alpukat. Hal yang harus diingat bahwa semakin berwarna hijau muda berarti semakin muda juga usia buah alpukat. Sehingga kamu harus menghindari memilih buah alpukat yang berwarna hijau muda atau hijau cerah.

Pilihlah buah alpukat yang memiliki warna ungu cerah dan sedikit mengkilap karena buah alpukat tersebut sudah matang. Jangan memilih buah alpukat yang memiliki warna ungu kusam dan kulit buah yang sudah mengkerut, itu tandanya buah alpukat sangat terlalu matang. Langkah mudah selanjutnya yakni dengan meraba tekstur buah alpukat.

Perlu diingat bahwa buah alpukat yang sudah matang dan siap makan adalah buah yang memiliki tekstur buah empuk dan bukan lembek. Gunakan seluruh telapak tanganmu untuk menekan buah alpukat. Rasakan apakan buah alpukat sudah empuk ataukah belum.

Semua buah pasti memiliki pangkal buah yang berfungsi sebagai tempat melekatnya pada tangkai pohon. Nah kamu perlu memperhatikan pangkal buah alpukat untuk memastikan apakah buah alpukat sudah matang atau masih berusia muda. Pangkal buah alpukat selalu terdapat lubang sisa petikan dari tangkai pohon.

Perhatikan warna lubang di pangkal buah alpukat, jika berwarna hijau maka buah alpukat telah matang dengan sempurna. Namun jika berwarna cokelat muda itu tandanya buah alpukat masih belum matang. Jika pangkal buah alpukat berwarna cokelat tua itu menandakan buah alpukat terlalu matang.

Cobalah untuk mengupas kulit buah alpukat sebelum membelinya. Jika kulitnya mudah dikupas itu tandanya buah alpukat sudah matang sempurna. Selain itu coba juga memotong buah alpukat secara horisontal.

Dengan begitu kamu akan mengetahui daging buah alpukat sudah siap makan ataukah belum. Dagin buah alpukat yang sudah lembut dan bersih itu tandanya buah sudah matang sempurna. Namun jika daging buah alpukat sudah memiliki banyak serat berwarna hitam, itu menandakan buah alpukat sudah telalu matang.

Langkah mudah berikutnya yakni dengan memperhatikan biji buah alpukat setelah dipotong. Biji buah alpukat yang sudah matang akan dengan mudah terlepas dari daging buah. Kamu cukup menggoyangkan buah alpukat untuk mengetahui kualitas kualitas buah alpukat.

Jika saat menggoyangkan buah alpukat dan biji buah langsung terjatuh itu menandakan buah alpukat sudah matang. Namun saat menggoyangkan dan biji buah alpukat masih menempel pada daging buah itu menandakan buah alpukat masih belum matang.

Berita Terkait

Ingin Liburan ke Dufan? Segera Pesan Tiket Via Online

Nurofia Fauziah

Bandara di India dari Perketat Aturan Kesehatan Kembali Dibuka

Nurofia Fauziah

Negara yang Punya Pegunungan Avatar & Stasiun Bawah Tanah Terdalam di Dunia Fakta Unik China

Nurofia Fauziah

Cocok Dijadikan Spot Foto Instagramable Pemandangan Gunung Merapi dari Ketep Pass

Nurofia Fauziah

Ini Dia Kota Terdingin di Indonesia Bukan Malang atau Puncak

Nurofia Fauziah

Ke-Santuy-an Tahun Baru Ala Havana di Santika Garut

Nurofia Fauziah

Jangan Percaya 4 Mitos Ini Jika Ingin Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Nurofia Fauziah

7 Hotel Murah di Hanoi, Vietnam, Tarif Menginap Cuma Rp 60 Ribuan per Malam

Nurofia Fauziah

Terowongan Bawah Tanah Terpanjang di Indonesia dengan Ornamen Unik Menyusuri Underpass YIA

Nurofia Fauziah

Baru Pertama Kali Terjadi, 110 Hiu di Menjangan Besar, Karimunjawa Mati Mendadak

Nurofia Fauziah

Ini Alur Pemeriksaan Calon Penumpang di Terminal 2 & 3 Bandara Soekarno-Hatta Selama Pandemi

Nurofia Fauziah

5 Rekomendasi Tempat Makan Soto Ayam Enak di Jakarta

Nurofia Fauziah

Leave a Comment