Corona

522 Psikolog Siap Beri Konseling kepada Masyarakat Terdampak Corona

Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Seger Handoyo mengatakan, sebanyak 522 psikolog dikerahkan selama pandemi virus corona (Covid 19). Mereka, kata Seger, akan memberikan konsultasi kepada masyarakat yang mengalami tekanan psikologi, stres dan kejenuhan selama wabah corona. Hal itu disampaikan Seger saat peluncuran layanan psikologi Sehat Jiwa (Sejiwa) menghadapi pandemi Covid 19 melalui tayangan streaming Youtube KSP, Rabu (29/5/2020).

“Ada 522 psikolog di 34 provinsi yang membantu pemerintah menjaga kesehatan psikologi masyarakat,” kata Seger Handoyo. Seger menjelaskan, para psikolog ini akan membantu dalam bentuk layanan psikologi, penanganan mandiri, konseling, dan psikoterapi. Menurut Seger, bantuan psikologi sangat penting karena masyarakat rentan bosan dan stres selama karantina.

Meski demikian, Seger mendapat adanta masyarakat yang berhasil melewati masa jenuh saat berada di rumah. Bahkan mereka mulai semangat dan merasa nyaman secara psikologis meski beraktivitas di rumah. Seger mengungkapkan ada 162 relawan psikolog yang akan ikut membantu masyarakat.

Ia menyebut seluruh relawan berpengalaman d bidang psikolog khususnya saat bencana alam. "Semua relawan telah mempunyai pengalaman memberikan bantuan psikologi di berbagai bencana alam dan sebagian besar mereka bekerja secara profesional," jelasnya. Sebelumnya, Pemerintah meluncurkan layanan konseling psikologi bagi masyarakat ditengah pandemi virus corona (Covid 19).

Layanan konsultasi melalui layanan telepon ini diberi nama Sehat Jiwa (Sejiwa). Layanan ini diluncurkan oleh Kantor Staf Presiden (KSP) dan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko melalui tayangan streaming di akun Youtube KSP, pada Rabu (29/5/2020). Moeldoko mengatakan, layanan Sejiwa ini diluncurkan bagi masyarakat yang saat ini menghadapi situasi yang tak menentu dan ditambah dengan banyaknya pemberitaan bohong yang meresahkan terkait kasus Covid 19.

"Sejiwa ini sangat penting karena masyarakat menghadapi situasi yang tidak menentu, ditambah lagi atau diperburuk oleh pemberitaan media sosial yang kadang kadang banyak menyesatkan, hoaks, itu menambah kondisi yang tidak baik bagi masyarakat indonesia," kata Moeldoko. Layanan ini dapat diakses melalui telepon ke nomor 119 ekstension 8. Masyarakat yang butuh konsultasi psikologi ketika menelepon akan langsung terhubung dengan relawan yang memberikan konseling.

Berita Terkait

Anies Baswedan Jelaskan Langkah Antisipasi Terjadinya Lonjakan Kasus di Masa Transisi

Nurofia Fauziah

Lebih dari 1 Juta Orang Berhasil Sembuh dari Covid-19 Kabar Baik dari Seluruh Dunia

Nurofia Fauziah

Pemerintah Disebut Lebih Pilih Selamatkan Ekonomi Ketimbang Kesehatan Masyarakat

Nurofia Fauziah

4 Tips Melewati Masa Pandemi Corona dalam Kehidupan Rumah Tangga

Nurofia Fauziah

Ilmuwan Amerika Ubah jadi Lantunan Musik Beginilah Suara Virus Corona

Nurofia Fauziah

Belum Seminggu Terapkan Lockdown India Alami Kekacauan di Tengah Pandemi Corona

Nurofia Fauziah

Penjelasan & ketentuan Darurat Sipil yang Bisa Jadi Dilakukan Jokowi Tangani Corona

Nurofia Fauziah

Afrika Selatan Laporkan 311.049 Infeksi 6 Juta Update Corona Global 16 Juli 2020 Tembus 13

Nurofia Fauziah

5 Miliar buat Hadapi COVID-19 Tempo Scan Tuntaskan 100% Bantuan Rp 17

Nurofia Fauziah

Menkop Akui Akses Pembiayaan KUR Tidak Mudah

Nurofia Fauziah

Krisis Akibat Covid-19 Jadi Peluang Bagi Industri Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Sandiaga Uno

Nurofia Fauziah

Ini Jawaban Dokter Reisa Broto Asmoro Apakah Virus Corona Benar-benar Ada

Nurofia Fauziah

Leave a Comment