Tips

5 Tips Menyaring Informasi dari Berbagai Portal Berita Indonesia

Kemudahan akses informasi di zaman sekarang memang tak diragukan lagi. Arus informasi berjalan begitu cepat dan Anda bisa mendapatkan informasi apapun dalam sekejap mata. Portal berita Indonesia di berbagai media online juga semakin merebak. Kemudahan ini harus diikuti dengan kecerdasan Anda dalam menyaring segala jenis informasi.

Cerdas Mencerna Informasi

Informasi semakin mudah didapat maka Anda juga harus semakin cerdas agar tak mudah dibohongi berita. Inilah 5 tips menyaring informasi dari berbagai sumber berita yang begitu banyak tersedia di sekitar Anda.

1.     Jangan Langsung Percaya Judul

Judul atau headline sebuah berita dibuat semenarik mungkin memang untuk mengalihkan perhatian pembaca. Namun, jangan pernah sekalipun percaya dan menarik kesimpulan hanya dari satu kalimat judul. Apalagi saat ini ada begitu banyak media yang asal-asalan membuat judul tanpa peduli dengan isi dan fakta berita sebenarnya.

2.     Biasakan Membaca

Menarik kesimpulan hanya dari membaca judul berita merupakan sebuah kesalahan besar. Anda harus membiasakan diri untuk membaca sebuah berita dari awal sampai selesai. Baca dengan cermat hingga Anda bisa menemukan garis besar informasi yang ingin didapat dari berita tersebut.

Budaya membaca di masyarakat saat ini memang tergolong rendah, apalagi untuk jenis bacaan berupa berita. Banyak orang merasa malas dan cenderung suka membaca sebatas judul atau kalimat pembuka saja. Padahal, informasi sebenarnya mungkin tersimpan di bagian akhir dari berita.

3.     Cari Sumber Berita

Berusahalah untuk mencari sumber berita sebelum mempercayainya. Ada banyak sekali portal berita Indonesia saat ini dan Anda harus mencoba menelusuri sumber berita yang mereka tulis. Pastikan bahwa berita yang Anda baca ditulis berdasarkan sumber yang memang terpercaya dan informasi tersebut bisa dipertanggungjawabkan.

4.     Telusuri Fakta

Setelah menerima informasi, maka wajib hukumnya untuk menelusuri fakta. Anda tentu harus bisa membedakan mana berita yang memuat sebuah opini dan mana yang fakta. Keduanya jelas berbeda dan Anda harus memahami berita opini maupun fakta. Jangan langsung percaya apalagi menyebar informasi tanpa mencari fakta yang sesungguhnya.

5.     Bandingkan Sumber Lain

Sangat disayangkan jika Anda langsung percaya sebuah informasi yang berasal dari satu sumber. Anda sebaiknya mencari berita dari sumber lain sebagai perbandingan. Semakin banyak sumber yang Anda baca tentu juga akan membuat semakin banyak fakta yang Anda dapat. Hal ini akan membantu Anda untuk menemukan berita yang sebenarnya sehingga tak akan termakan berita bohong.

Itulah tadi 5 tips menyaring informasi dari berbagai portal berita Indonesia. Baca berita-berita yang nyata salah satunya mediago.id dari portal yang memang sudah punya kredibilitas. Jangan pernah sekalipun menarik kesimpulan atau menyebarkan informasi tanpa menelusuri fakta sesungguhnya. Langkah ini akan membantu meminimalkan tersebarnya hoax di tengah masyarakat Indonesia.

Berita Terkait

7 Tips Memilih Kursi Belajar yang Nyaman untuk Si Kecil

Nurofia Fauziah

Alasan Anda Perlu Menggunakan Lem Cap Gajah Untuk Membasmi Tikus

Nurofia Fauziah

Aman Dan Nyaman, Berikut 4 Alat Mandi Bayi Baru Lahir Yang Wajib Dimiliki

Nurofia Fauziah

Leave a Comment