Travel

5 Fakta Nasi Kucing, Nasi Bungkus Porsi Kecil yang Ada di Jogja dan Solo

Siapa yang tidak kenal dengan nasi kucing? Nasi ini biasanya dibungkus dengan daun pisang atau kertas minyak. Nasi putih yang disajikan dengan sambal dan gereh (ikan asin) atau bandeng ini memiliki porsi yang sedikit dan banyak dijajakan di angkringan atau hik.

Tapi tahukah kamu fakta menarik di balik nasi kucing yang unik ini? Disebut nasi kucing karena pada awalnya menu nasinya terdiri dari sambal dan gereh (ikan asin) atau bandeng. Ikan asin merupakan makanan kesukaan kucing kucing di kampung.

Selain itu, porsinya yang sedikit semakin membuat nasi ini terkesan seperti makanan untuk kucing. Nasi kucing biasa disajikan dengan porsi yang kecil layaknya makanan kucing, ini dikarenakan nasi kucing memang bukan untuk mengenyangkan perut yang lapar. Namun hanya untuk menemani perbincangan orang orang yang nongkrong di hik atau angkringan.

Nasi kucing merupakan kuliner yang terkenal sejak dulu dengan porsi dan ukuran yang kecil. Kebanyakan hik atau angkringan tetap menyajikan nasi kucing dalam bentuk bungkusan kertas atau daun pisang mengerucut. Namun, ada juga pedagang yang menyajikannya menggunakan piring layaknya prasmanan, tetapi banyak yang menyebutnya bukan sebagai nasi kucing.

Karena, nasi kucing yang disajikan dengan bentuk lain membuat pembeli enggan karena takut harganya jauh lebih mahal. Ini karena, nasi kucing memang identik dengan harga murah dan porsi kecil. Fakta menarik nasi kucing yang jarang diketahui berikutnya yakni pernah berjasa di era reformasi.

Di masa krisis moneter saat reformasi pada 1998, banyak mahasiswa yang menyambung hidupnya dari dua bungkus nasi kucing, karena saat ituharga apapun sangat mahal. Fakta menarik nasi kucing yang jarang diketahui berikutnya yakni awalnya hanya ada di Solo dan Yogyakarta. Namun seiring berjalannnya waktu, nasi kucing bisa kamu temukan di beberapa daerah di Pulau Jawa, di antaranya Salatiga, Semarang, Purwokerto, dan sebagainya.

Berita Terkait

Penutupan Tempat Wisata di Bantul Jogja Diperpanjang hingga 30 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Ada Diskon Tiket Pesawat & Bebas Visa buat Turis Mesir Dibuka Kembali

Nurofia Fauziah

Termasuk Longyou Grotto 7 Hal Unik yang Ditemukan di Ruang Bawah Tanah

Nurofia Fauziah

Sebentar Lagi Ramadan, Mau Bukber Ala Timur Tengah? Yuk ke Hotel Santika Premiere ICE – BSD City

Nurofia Fauziah

7 Hotel Murah di Puncak Bogor, Tarif Inap Mulai Rp 81 Ribu per Malam

Nurofia Fauziah

Yuk Isi Libur Lebaran ke Destinasi Paling Hits di Depok

Nurofia Fauziah

Ini 12 Fakta tentang Finlandia Disebut Negara Paling Bahagia di Dunia

Nurofia Fauziah

Panduan Transportasi, Harga Tiket dan Tips Liburan ke Candi Borobudur ala TribunTravel

Nurofia Fauziah

Dua Cara Berlibur ketika Nyepi, Tak Perlu Mati Gaya Menikmati Suasana Berbeda saat di Bali

Nurofia Fauziah

Ini 7 Jenis Tiket Kereta & Tempat Membelinya Pertama Kali menuju Jepang

Nurofia Fauziah

Gara-gara ‘Kaos Setan’ Penumpang Wanita ini Malah Dapat Masalah

Nurofia Fauziah

Itinerary Cappadocia Izmir Pamukkale 3 Hari 2 Malam, Cocok Untuk Solo Traveler

Nurofia Fauziah

Leave a Comment