Internasional

4 Meninggal & 8 Luka-Luka Ledakan Terjadi di Masjid Afghanistan di Tengah Salat Jumat

Ledakan mematikan terjadi di sebuah masjid di barat ibukota Afghanistan, Kabul di tengah salat Jumat. Sedikitnya empat orang meninggal dan delapan mengalami luka luka, sebagaimana dijelaskan pihak kementerian dalam negeri Afghanistan. "Bahan peledak yang ditempatkan di dalam Masjid Sher Shah Suri meledak saat salat Jumat," jelas pernyataan dari kementerian, dikutip .

Salah satu korban tewas adalah imam masjid, Azizullah Mofleh. Juru bicara kementerian dalam negeri, Tariq Arian mengatakan polisi sudah menutup lokasi kejadian. Selain itu para korban sudah dipindahkan ke ambulans menuju rumah sakit terdekat.

Arian mengatakan insiden ledakan itu terjadi di sebuah lingkungan mewah. Tidak ada kelompok yang secara terang terangan mengklaim jadi otak peledakan masjid itu. Namun pada awal bulan ini ada kejadian yang sama di masjid lain dan ISIL atau ISIS mengklaim tindakan itu.

Diketahui kelompok ISIS memiliki basis di Provinsi Nangarhar, Afghanistan Timur. "Yang menarik, setiap kali Anda memiliki proses perdamaian mendapatkan momentum dan langkah, Anda memiliki serangan semacam ini di negara ini," Habib Wardak, seorang analis keamanan nasional yang berbasis di Kabul. "Kelompok Negara Islam mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang terjadi pekan lalu di sebuah masjid di Kabul."

"Jadi terlepas dari kenyataan bahwa Anda memiliki berita dan konferensi pers dari pemerintah bahwa mereka telah menghilangkan ISIL, bagaimana mereka dapat melakukan operasi yang sedemikian canggih?" tambahnya. Sementara itu, Taliban dengan cepat menjauhkan diri dari kejadian ledakan maut itu. Dalam postingan media sosial juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahed mengatakan serangan ini adalah bagian dari persekongkolan oleh musuh pada saat yang krusial ketika pembicaraan damai sedang berlangsung.

Pemerintah Afghanistan menyebut serangan itu tidak manusiawi dan bertentangan dengan prinsip prinsip Islam. Pendapat ini diamini perwakilan sipil NATO di Kabul yang menekankan agar pelaku diadili. "Ketika kita menghadapi peluang historis untuk perdamaian, peneror tidak bisa dibiarkan mengganggu itu. Kami berdiri dengan #Afghanistan dalam perang melawan teror," katanya di Twitter.

Ledakan pada Jumat ini memiliki kesamaan dengan insiden serupa pada awal bulan Juni. Sebuah ledakan meluluhlantakkan sebuah masjid besar di Kabul hingga membunuh ulama besar Afghanistan, Maulvi Ayaz Niazi. "Dalam serangan ini, imam tampaknya menjadi sasaran, bukan orang banyak."

"Mereka adalah para imam yang telah mendukung proses perdamaian dengan gerakan Taliban," kata Wardak. Kekerasan telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir di Afghanistan dengan sebagian besar serangan diklaim oleh afiliasi ISIL. Amerika Serikat menyalahkan kelompok bersenjata itu atas serangan mengerikan bulan lalu di sebuah rumah sakit bersalin di ibu kota yang menewaskan 24 orang, termasuk dua bayi dan beberapa ibu baru.

Afiliasi ISIL juga bertanggung jawab atas serangan terhadap sebuah bus yang membawa wartawan di Kabul pada 30 Mei, menewaskan dua orang. Sementara itu, AS berusaha menengahi pembicaraan damai antara pemerintah Afghanistan dan Taliban untuk mengakhiri perang selama 18 tahun.

Berita Terkait

Seorang Ibu Terancam Dipenjara Usai Membiarkan Anaknya Kencing di Parkiran Pom Bensi

Nurofia Fauziah

tapi Terlambat Istri yang Kerja di Luar Kota Bergegas Pulang Suami Meninggal Dunia Setelah Futsal

Nurofia Fauziah

‘Korban Pura Pura Tidur’ Reynhard Sinaga Beri Pengakuan Mengejutkan Soal Pemerkosaan Yang Dilakukan

Nurofia Fauziah

Pemilik RS di Bangladesh Ditangkap Polisi Palsukan Ribuan Tes Covid-19 Jadi Negatif

Nurofia Fauziah

Berawal dari Tak Nafsu Makan Mahasiwa ITB Meninggal 7 Hari 7 Malam Kerjakan Skripsi Tanpa Tidur

Nurofia Fauziah

Ungkap Foto Ruang Isolasi Wanita Ini Bagi kisah Rasanya Dikarantina 12 Hari Sembuh dari Corona

Nurofia Fauziah

Pria Tewas Tenggelam saat Lamar Kekasih Sebelum dengar Jawaban, sang Kekasih Tulis Pesan Haru

Nurofia Fauziah

Jepang Perluas Larangan Masuk Pengunjung dari India & 10 Negara Lainnya

Nurofia Fauziah

Jepang Akan Keluarkan UU Darurat Pandemi Influenza Antisipasi Corona Breaking News

Nurofia Fauziah

Inilah Asal Muasal Kode Darurat Amerika Serikat 911 dan Fakta di Baliknya

Nurofia Fauziah

Perawat India Terinfeksi Virus Corona di RS Arab Saudi

Nurofia Fauziah

Menhan RI Prabowo Subianto Bertemu Menhan Jepang Taro Kono Jumat Besok

Nurofia Fauziah

Leave a Comment