Bisnis

3 Hal Penting Perencanaan Keuangan Agar Siap Menghadapi Situasi Darurat

Tidak bisa dipungkiri bahwa uang merupakan hal yang sangat penting untuk Anda bisa menjalani kehidupan dengan nyaman. Bahkan meskipun Anda tidak sedang mengalami masalah apapun, Anda tetap saja membutuhkan uang untuk keseharian. Seperti untuk makan, membayar utilitas, membeli kebutuhan bulanan, dan sebagainya. Itulah sebabnya, perencanaan keuangan yang tepat harus sangat diperhatikan demi masa depan. Misalnya, dengan menyiapkan tabungan, dana darurat, dan juga perlindungan asuransi seperti asuransi penyakit kritis atau asuransi lainnya.

Sisihkan penghasilan bulanan Anda untuk menabung sesuai dengan kemampuan Anda. Ada baiknya jika tabungan ini Anda masukkan ke rekening terpisah yang bebas dari biaya administrasi. Jadi uang Anda tidak akan berkurang meskipun dana dalam tabungan ini Anda endapkan terus menerus.

Uang tabungan ini bisa Anda manfaatkan nanti untuk memenuhi kebutuhan Anda maupun keluarga di masa depan. Terutama ketika Anda sedang mengalami masalah keuangan akibat suatu hal.

  • Dana Darurat

Menabung saja tidaklah cukup untuk membuat kondisi finansial tetap stabil di masa-masa genting. Dana darurat bisa jadi penolong di saat Anda tertimpa musibah atau hal yang tidak diinginkan, seperti terkena penyakit kritis. Sebagaimana dilansir dari Tempo, dana darurat sebaiknya dipisah dengan tabungan sehari-hari.

Memisahkan dana darurat dan tabungan akan memberi kemudahan bagi Anda dalam mengelolanya. Selain itu, dana darurat tidak akan ikut terambil untuk kebutuhan lain, sehingga cadangan keuangan Anda tetap aman.

  • Asuransi

Seperti yang telah disebutkan bahwa asuransi merupakan pelindung finansial Anda. Jika Anda memiliki asuransi, maka keuangan Anda akan tetap stabil ketika sebuah risiko terjadi pada Anda. Namun risiko yang ditanggung akan sesuai pada produk asuransi Anda.

Misalnya untuk asuransi penyakit kritis yang tergabung dalam asuransi jiwa. Perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan jika Anda menderita penyakit yang masuk ke dalam daftar penyakit kritis di polis. Dana pertanggungan ini tentunya sangat bermanfaat untuk biaya pengobatan penyakit tersebut agar tidak mengganggu tabungan maupun dana darurat Anda.

Buat Perencanaan Keuangan Sejak Sedini Mungkin

Sebaiknya, buat perencanaan keuangan sedini mungkin. Misalnya segera setelah Anda mulai bisa memiliki penghasilan sendiri. Dengan begitu, dana yang bisa Anda kumpulkan untuk mempersiapkan masa depan Anda juga akan semakin besar.

Berita Terkait

Sebelum 30 April 2020 Segera Lapor SPT Tahunan Secara Online Login djponline.pajak.go.id

Nurofia Fauziah

3 Keuntungan dan Cara Mengajukan Kartu Kredit Secara Online Melalui CekAja

Nurofia Fauziah

Pastikan Cara Bayar & Alamat Sesuai Pesta Diskon 11.11 Siap Dimulai

Nurofia Fauziah

Bus Apron di Ngurah Rai Diusulkan Berusia Tak Lebih dari 10 Tahun 2 Kali Terbakar

Nurofia Fauziah

Alihkan Rp 423 3 Triliun Anggaran Infrastruktur buat Tangani Wabah Corona Perfekto Indonesia

Nurofia Fauziah

Ini Penyebabnya 8 Persen pada 2020 Ekonomi Indonesia Diprediksi Hanya Tumbuh 4

Nurofia Fauziah

Bendungan Sepaku dari Proses Lelang Dukung Ketahanan Air & Pangan

Nurofia Fauziah

JNE Bagikan 30 Motor & 2 Rumah buat Karyawan Rayakan HUT Ke-29

Nurofia Fauziah

Rencana Relokasi Investasi Momentum RI Benahi Kebijakan Insentif Indef

Nurofia Fauziah

Simak Rinciannya Harga Emas Antam Selasa 19 Mei 2020 Capai Rp 924.000 per Gramnya Turun Rp 10.000

Nurofia Fauziah

Pemerintah Perlu Siapkan Stimulus Perekonomian CSIS

Nurofia Fauziah

Diskon Hingga 70 Persen dalam Program Perfect 10.10 Sale

Nurofia Fauziah

Leave a Comment