Bisnis

3 Hal Penting Perencanaan Keuangan Agar Siap Menghadapi Situasi Darurat

Tidak bisa dipungkiri bahwa uang merupakan hal yang sangat penting untuk Anda bisa menjalani kehidupan dengan nyaman. Bahkan meskipun Anda tidak sedang mengalami masalah apapun, Anda tetap saja membutuhkan uang untuk keseharian. Seperti untuk makan, membayar utilitas, membeli kebutuhan bulanan, dan sebagainya. Itulah sebabnya, perencanaan keuangan yang tepat harus sangat diperhatikan demi masa depan. Misalnya, dengan menyiapkan tabungan, dana darurat, dan juga perlindungan asuransi seperti asuransi penyakit kritis atau asuransi lainnya.

Sisihkan penghasilan bulanan Anda untuk menabung sesuai dengan kemampuan Anda. Ada baiknya jika tabungan ini Anda masukkan ke rekening terpisah yang bebas dari biaya administrasi. Jadi uang Anda tidak akan berkurang meskipun dana dalam tabungan ini Anda endapkan terus menerus.

Uang tabungan ini bisa Anda manfaatkan nanti untuk memenuhi kebutuhan Anda maupun keluarga di masa depan. Terutama ketika Anda sedang mengalami masalah keuangan akibat suatu hal.

  • Dana Darurat

Menabung saja tidaklah cukup untuk membuat kondisi finansial tetap stabil di masa-masa genting. Dana darurat bisa jadi penolong di saat Anda tertimpa musibah atau hal yang tidak diinginkan, seperti terkena penyakit kritis. Sebagaimana dilansir dari Tempo, dana darurat sebaiknya dipisah dengan tabungan sehari-hari.

Memisahkan dana darurat dan tabungan akan memberi kemudahan bagi Anda dalam mengelolanya. Selain itu, dana darurat tidak akan ikut terambil untuk kebutuhan lain, sehingga cadangan keuangan Anda tetap aman.

  • Asuransi

Seperti yang telah disebutkan bahwa asuransi merupakan pelindung finansial Anda. Jika Anda memiliki asuransi, maka keuangan Anda akan tetap stabil ketika sebuah risiko terjadi pada Anda. Namun risiko yang ditanggung akan sesuai pada produk asuransi Anda.

Misalnya untuk asuransi penyakit kritis yang tergabung dalam asuransi jiwa. Perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan jika Anda menderita penyakit yang masuk ke dalam daftar penyakit kritis di polis. Dana pertanggungan ini tentunya sangat bermanfaat untuk biaya pengobatan penyakit tersebut agar tidak mengganggu tabungan maupun dana darurat Anda.

Buat Perencanaan Keuangan Sejak Sedini Mungkin

Sebaiknya, buat perencanaan keuangan sedini mungkin. Misalnya segera setelah Anda mulai bisa memiliki penghasilan sendiri. Dengan begitu, dana yang bisa Anda kumpulkan untuk mempersiapkan masa depan Anda juga akan semakin besar.

Berita Terkait

Beli Tiket Bioskop dapat Diskon 50% Cashback 10% Promo Spesial Natal 2019 & Tahun Baru 2020 di CGV

Nurofia Fauziah

APTI Memprediksi Penjualan Rokok Turun Akibat Kenaikan Tarif Cukai

Nurofia Fauziah

Alur Bisnisnya Pakai Aplikasi Investasi Bodong MeMiles Seret Nama Penyanyi Ello

Nurofia Fauziah

Tiketnya Hilang di Marketplace Traveloka, AirAsia Disarankan Lapor ke KPPU

Nurofia Fauziah

Harga 1 Gram Rp 931.000 6 April 2020 Alami Penurunan Rp 3.000 Harga Emas Antam Senin

Nurofia Fauziah

Per 1 Maret 2019, PLN Turunkan Tarif Listrik Daya 900 VA untuk Pelanggan Rumah Tangga Mampu

Nurofia Fauziah

Menteri Teten Tunjuk Founder Ritel The Goods Dept Jadi Bos Smesco

Nurofia Fauziah

Cerita Tentang Ulah ‘Wanita Spesial’ Ari Askhara yang Bikin Pramugari & Awak Kabin Garuda Kesal

Nurofia Fauziah

Teknologi Aerospace di Indonesia Berkembang, Honeywell Kuasai 80 Persen Pasar

Nurofia Fauziah

Koperasi BEI Dan Aiqqon Triarta Mas Luncurkan Perangkat Non Tunai

Nurofia Fauziah

Jokowi Sebut Transformasi Ekonomi buat Selesaikan Defisit Transaksi Berjalan

Nurofia Fauziah

Sriwijaya Air Ingin Akhiri Kerja Sama dengan Garuda Apa Kata Menhub

Nurofia Fauziah

Leave a Comment