Travel

10 Kuliner Khas yang Biasa Disajikan saat Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia

17 Agustus menjadi hari spesial bagi seluruh warga negara Indonesia, yang merupakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Ada beragam kegiatan yang dilakukan untuk menyambut 17 Agustus. Mulai dari lomba, acara jalan sehat hingga menyajikan beragam kuliner.

Tahun ini mungkin ada perbedaan dalam perayaan 17 Agustus, mengingat saat ini sedang dalam situasi pandemi. Agar tidak akan mengurangi semangat kemerdekaan, adabeberapa kuliner khas Hari Kemerdekaan RI yangbisa kamu coba. Nasi tumpeng adalah nasi kuning yang disajikan dengan bentuk kerucut di dalam sebuah tampah atau nampan.

Kemudian di sekelilingnya dilengkapi dengan lauk pauk seperti kering tempe, suwiran ayam, sambal goreng kentang, telur dadar yang sudah dipotong potong kecil, perkedel hingga potongan kecil ayam goreng. Biasanya nasi tumpeng juga dijadikan sebuah lomba dalam perayaan kemerdekaan pada setiap 17 Agustus. Klepon merupakan kue tradisional khas Jawa Tengah yang berisi gula merah.

Pada Hari Kemerdekaan RI, kue klepon dikreasikan hingga berwarna merah dan putih. Telok pindang adalah telur rebus dengan cara dipindang. Telok pindang sangat lekat dengan kuliner Pindang Musi Rawas di Palembang.

Telok pindang direbus dengan air yang sudah tercampur asam. Bandros adalah makanan dengan bahan dasar campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Kuliner khas asal Jawa Barat ini dihidangkan dengan taburan gula pasir.

Sangat nikmat jika dinikmati hangat hangat sebagai teman kopi atau teh. Pedagang bandros hampir tidak pernah absen saat perayaan 17 Agustusan. Tak heran jika bandros selalu menjadi kuliner wajib saat memperingati Kemerdekaan.

Telok Abang juga merupakan kuliner khas Palembang berupa telur bebek atau telur ayam rebus berwarna merah. Biasanya Telok Abang dijual satu set bersama miniatur perahu, mobil mobilan, bus, becak, atau Jembatan Ampera. Agar lebih menarik, Telok Abang ditancapkan pada miniatur tersebut.

Ketan Sumpit juga marak ditemukan saat hari kemerdekaan. Kuliner ini adalah sejenis lemper yang dijepit dengan sumpit. Pada umumnya Ketan Sumpit dijadikan hidangan pendamping untuk dinikmati bersama Telok Pindang, Telok Abang, dan Telok Ukan.

Biasa juga disantap bersama lauk pauk lainnya. Menu ini sangat terkenal di Pulau Jawa, dan makanan ini merupakan salah satu kuliner kesukaan Presiden Pertama Indonesia, Soekarno loh. Ayam Tuturaga merupakan makanan khas Manado yang terbuat dari daging ayam lalu dicampurkan dengan bumbu pedas. Penyajiannya mirip dengan opor ayam, namun bedanya cita rasanya pedas menggigit lidah.

Cocok disantap bersama nasi hangat. Kuliner ini merupakan sajian khas Sunda, terbuat dari nasi yang diaduk dengan oncom hitam, bawang putih, kencur, dan cabai. Carabikang adalah makanan khas Jawa Tengah dengan bentuk seperti serabi berwarna warni.

Carabikang berbahan dasar tepung beras dengan rasa manis. Carabikang adalah camilan khas yang selalu disajikan saat perayaan hari Kemerdekaan RI.

Berita Terkait

Liburan Mewah Nikita Mirzani ke Disneyland Paris Hingga Bertemu Lenny Kravitz

Nurofia Fauziah

Negara yang Punya Pegunungan Avatar & Stasiun Bawah Tanah Terdalam di Dunia Fakta Unik China

Nurofia Fauziah

Ini 12 Fakta tentang Finlandia Disebut Negara Paling Bahagia di Dunia

Nurofia Fauziah

Terowongan Bawah Tanah Terpanjang di Indonesia dengan Ornamen Unik Menyusuri Underpass YIA

Nurofia Fauziah

Termasuk Longyou Grotto 7 Hal Unik yang Ditemukan di Ruang Bawah Tanah

Nurofia Fauziah

Gara-gara ‘Kaos Setan’ Penumpang Wanita ini Malah Dapat Masalah

Nurofia Fauziah

10 Destinasi di Indonesia Paling Dicari di Google 2019

Nurofia Fauziah

Ini Dia Kota Terdingin di Indonesia Bukan Malang atau Puncak

Nurofia Fauziah

Alami Sejumlah Luka di Kepala Penumpang Penyandang Cacat Jatuh Saat Transfer Penerbangan di Bandara

Nurofia Fauziah

Ini Alur Pemeriksaan Calon Penumpang di Terminal 2 & 3 Bandara Soekarno-Hatta Selama Pandemi

Nurofia Fauziah

25 Fakta Unik China, Negara yang Menjadikan Warna Putih untuk Tanda Berkabung

Nurofia Fauziah

7 Tips Agar Tidak Mudah Sakit Saat Naik Pesawat Menurut Pramugari

Nurofia Fauziah

Leave a Comment